https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Eurema hecabe, si Kupu-kupu Kuning

Kamis, 24 Juni 2021

Nama Hewan: Kupu-kupu belerang
Nama ilmiah: Eurema hecabe




Deskripsi Eurema hecabe

Kupu-kupu belerang atau kupu-kupu kuning adalah sebutan bagi sekelompok kupu-kupu berukuran kecil dari marga Eurema, anggota suku Pieridae. Namanya diperoleh karena warnanya yang kuning terang, sedikit banyak menyerupai warna belerang. Sebutan umumnya dalam bahasa Inggris adalah Grass Yellow.

Kupu-kupu belerang memiliki warna sayap berwarna kuning lemon terang dengan tanda hitam di sisi atas dan tanda-tanda cokelat gelap di bagian bawah.Baetina memiliki ukuran lebih besar dan berwarna kuning pucat,dengan tanda-tanda hitam tetapi tersebar luas di sisi atas dari sayap kedua.

Kupu-kupu Belerang umumnya terbang lambat dan kadang tidak menentu bahkan terbang selalu dekat dengan tanah.

Telur kupu-kupu belerang berwarna putih. Setelah menetas larva (ulatnya) berwarna hijau dengan bentuk memanjang, warna hijau ini mirip dengan warna daun. Sedangkan kepompongnya berukuran kecil dengan warna hijau dan kekuningan, menggantung di batang pohon.

Kepompong Eurama Hacabe. (Ahmad Yunus Sukardi)


Manfaat Kupu-kupu

Kupu-kupu mempunyai nilai yang penting dalam ekosistem hutan, yaitu sebagai penyerbuk (pollinator) untuk menjaga keragaman tumbuhan. Keberadaan kupu-kupu sebagai serangga penyerbuk dapat membantu mempertahankan banyak spesies tumbuhan di habitatnya. Beberapa tumbuhan dan serangga mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Beberapa tumbuhan hanya dapat diserbuk oleh serangga tertentu. Namun demikian, dalam bidang pertanian, kupu-kupu juga dapat menjadi hama, terutama pada stadia larva.

Kupu-kupu juga berperan sebagai bio indikator lingkungan. Kupu-kupu dengan warna cerah mengindikasikan jika lingkungan tersebut asri, sedangkan kupu-kupu dengan warna gelap mengindikasikan jika lingkungan tersebut tercemar.

Habitat Eurema hecabe

Eurema hecabe ditemukan di seluruh benua Afrika, di sebagian besar Asia selatan,pada sebagian besar pulau-pulau di Pasifik selatan, dan di banyak Australia.

Kupu-kupu belerang dapat dijumpai hampir di setiap habitat, asalkan ada tumbuhan inang yang cocok bagi spesies kupu-kupu keluarga Pieridae. Kupu-kupu ini sering dijumpai di pekarangan rumah. Kupu-kupu kuning ketersediaannya di alam cukup melimpah, bahkan mereka terkadang disebut sebagai hama tanaman.

Cara Berkembang biak

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. kupu-kupu melewati daur hidup yang dikenal metamorfosis atau perubahan bentuk lengkap. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, ulat, kepompong, dan imago. 

Telur Eurama Hacabe berwana Putih di atas daun Turi (Sesbania Grandiflora). (Ahmad Yunus Sukardi)


Jenis Makanan Eurema hecabe

Pada dasarnya kupu-kupu hanya meminum nutrisi dari berbagai sumber. Kupu-kupu menggunakan organ yang mirip belalai  di mulutnya yang disebut degan proboscis untuk menghisap makanannya. Pakan kupu-kupu adalah sebuk sari dan nektar, buah busuk, kotoran hewan, mineral dan keringat.

Tanaman inang fase ulat Eurema hecabe antara lain Sesbania aculeate, Sesbania Grandiflora, Cassia siamea, Mimosa invisa, Cassia tora, Acacia auriculariaformis, Cratoxylum cochinchinense, Cratoxylum formosum, Pithecellobium duice, Falcataria moluccana. 

Ulat Eurema Hacabe memakan daun turi (Ahmad Yunus Sukardi)


Katagori

Kupu-kupu

Klasifikasi Ilmiah Eurema hecabe

Kerajaan : Animalia   

Filum : Arthropoda

Kelas : Insecta

Ordo : Lepidoptera

Famili : Pieridae

Genus : Eurema

Spesies : Eurema hecabe




Author

Admin NUS