Ekowisata Penangkaran Kupu-kupu

Thursday, April 21, 2022

Mengenal Tanaman Jarak Kepyar (Ricinus communis L)

Nama Tanaman: Jarak Kepyar
Nama Ilmiah: Ricinus communis L.






Deskripsi Jarak Kepyar 

 
Jarak Kepyar (Ricinus communis L.) merupakan tanaman perdu atau terna dengan tinggi 1-4 meter. Jarak Kepyar  termaksud dalam keluarga Euphorbiaceae. Tanaman jarak kepyar  merupakan semusim yang memiliki peranan penting sebagai tanaman penghasil bahan baku dalam industri minyak. 

Tanaman jarak masuk ke dalam kelas tumbuhan berbiji belah, dimana memiliki perakaran tunggang yang cukup dalam, dengan akar lateral yang melebar ke samping dan rambut-rambut akar yang cukup banyak. Batang Jarak kepyar memiliki Kulit batang bertekstur halus, dengan warna hijau muda sampai hijau tua, dan merah muda sampai merah kecoklatan. Permukaan batang pada umumnya terdapat suatu lapisan lilin, ada yang tipis dan ada pula yang tebal. Batang tanaman berdiri tegak, berbuku-buku, dan setiap buku dibatasi gelang-gelang dimana terdapat titik tumbuh daun dan cabang pada setiap gelang. Berkayu lunak dan berongga di tengahnya. Diameter batang berkisar 3-5 cm, dengan tinggi tanaman antara 1-4 meter. Daun berbentuk menjari dengan kisaran jumlah helai 5-11, tepi daun bergerigi dan lekukan daun dangkal sampai dalam. Daun berwarna hijau muda sampai hijau tua, dan ada pula yang berwarna kemerahan serta mengkilap. Tangkai daun panjang dan kuat, dengan panjang 17-40 cm. 

Bunga jarak kepyar memiliki komposisi sangat bervariasi. Dalam satu tanaman terdapat bunga jantan dan bunga betina. Bunganya tidak memiliki daun mahkota akan tetapi memiliki tiga sampai lima kelopak. Bunga betina terdiri dari 30-50 % dan terletak dibagian atas tandan bunga, sedangkan bunga jantannya terdiri dari 50-70 % dan terletak dibagian bawah tandan bunga. Bunga jantan memiliki benang sari yang sama dengan jumlah daun-daun hiasan bunga. Bunga betina memiliki putik yang terdiri atas tiga daun buah, dengan tiga tangkai putik yang bebas atau berlekatan. Kepala Putik bercabang tiga dengan warna pink atau merah.

Setelah terjadi penyerbukan, bakal buah tumbuh membesar dan berkembang menjadi buah yang masih muda dan berbentuk bulat sampai lonjong. Buah muda memiliki warna hijau muda sampai hijau tua, berduri serta ada juga yang tidak berduri serta bila sudah masak atau tua memiliki warna abu-abu mirip seperti tanah. Terdapat tiga bagian pada setiap kapsul dan berisi sebutir biji pada tiap-tiap bagian. Pada permukaan kulit yang masih muda memiliki lapisan lilin, dan juga ada yang tidak memiliki lapisan lilin. Pada buah yang tua/masak sangat rawan pecah/hancur, tetapi ada pula yang sulit pecah. Biji jarak kepyar berbentuk lonjong atau oval dengan panjang beberapa mm sampai 2 cm. Biji memiliki warna coklat muda, coklat tua, merah, dan hitam. Terdapat bintik-bintik atau motif tertentu, tergantung kultivarnya. Bobot 100 biji juga bervariasi, kurang dari 24 g sampai di atas 57 g dan kandungan minyaknya antara kurang dari 46,14-57,95%. Tipe perkecambahan biji jarak kepyar adalah epigeal. Tipe perkecambahan epigeal adalah dari biji muncullah calon akar, yang kemudian berkembang menjadi akar. Pada saat akar mulai masuk ke dalam tanah, benih terangkat ke atas permukaan tanah dan mulai membentuk hipokotil. Diantara kedua daun kemudian muncul epikotil.

Jarak Kepyar (Ricinus communis L) merupakan tanaman inang dari Kupu - kupu Angled Castor (Ariadne ariadne)

Manfaat Jarak Kepyar 

  1. Tanaman jarak kepyar dimanfaatkan sebagai sumber bahan baku minyak dari biji yang digunakan untuk kebutuhan industri cat, pelumas, bahan baku kosmetik, tinta, tekstil, obat-obatan, pertanian, dan sebagainya.
  2. Daun jarak kepyar merupakan tanaman inang utama bagi ulat sutra jenis Eri.
  3. Minyak biji jarak yang berfungsi melancarkan buang air besar, mempercepat terjadinya kontraksi pada ibu melahirkan, dan membantu melancarkan ASI. 
  4. Daun jarak dikenal sebagai obat pencahar alami karena digunakan untuk melancarkan buang air besar.
  5. Daun jarak memiliki sifat laktogogue (merangsang, mempertahankan, dan meningkatkan produksi air susu ibu atau ASI dan emmenagogue (melancarkan menstruasi).
  6. Melawan bakteri
  7. Menstabilkan gula darah
  8. Memperbaiki kerusakan hati
  9. Mengobati peradangan
  10. Mengatasi sakit gigi

Habitat Jarak Kepyar 

Jarak kepyar (Ricinus communis L.) merupakan salah satu anggota dari famili Euphorbiaceae yang berasal dari Afrika Timur khususnya di daerah Ethiopia yang tersebar ke daerah-daerah tropis di Dunia, salah satunya di Indonesia. Jarak kepyar dapat tumbuh di lapangan atau area terbuka, tahan terhadap kekeringan, dan dapat tumbuh pada kondisi tanah yang beragam

Syarat tumbuh Jarak Kepyar 

Tanaman jarak kepyar tumbuh baik pada tanah ringan, yakni lempung berpasir, cukup mengandung bahan organik dan mempunyai drainase serta aerasi baik dengan pH 5 – 6,5. Tanaman jarak kepyar tidak tahan genangan air walaupun hanya beberapa hari, selain itu juga tidak tahan pada tanah berkadar garam tinggi. Tanaman ini toleran terhadap kondisi kering sehingga tanaman ini tersebar pada areal bercurah hujan rendah yaitu 300 – 700 mm/tahun. Tanaman ini dapat tumbuh baik pada lahan dengan ketinggian 5 – 450 m d.p.l.

Fungsi

Tanaman Inang

Katagori

Annual

Klasifikasi Ilmiah Jarak Kepyar 

Kerajaan : Plantae
Divisi :  Spermatophyta          
Kelas :  Dicotyledon
Ordo : Euphorbiaies      
Famili : Euphorbiaceae
Genus :  Ricinus
Spesies : Ricinus communis L
Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer

Promo Khusus Sekolah

Postingan Terbaru

Mengenal Tanaman Jarak Kepyar (Ricinus communis L)

Nama Tanaman: Jarak Kepyar Nama Ilmiah: Ricinus communis L. Deskripsi Jarak Kepyar    Jarak Kepyar (Ricinus communis L.) merupakan tanaman p...

Postingan Menarik