https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Bunglon (Bronchocela jubata)

Rabu, 10 Februari 2021

Nama Hewan: Bunglon

Nama ilmiah: Bronchocela jubata




 

Deskripsi


Bunglon memiliki nama ilmiah Bronchocela jubata, termasuk ke dalam fmili Agamidae. Bunglon atau londok (dalam bahasa sunda) bisa mengubah ubah warna kulitnya. Perubahan warna biasanya terjadi dari warna warna yang cerah (hijau, kuning atau abu abu terang) menjadi warna yang lebih gelap, yaitu kecokelatan atau kehitaman. 

Terdapat ciri khusus bunglon yang membedakannya dengan jenis reptil lainnya. Ciri khusus yang pertama, di saat dirinya merasa terancam, ia akan mengubah warna kulitnya menjadi serupa dengan warna lingkungan sekitarnya sehingga keberadaannya tersamarkan.

Untuk menipu mangsanya, ia kerap berdiam diri di pucuk pepohonan atau bergoyang goyang pelan seperti tertiup angin. Selain itu, reptil ini sering juga terlihat meniti kabel listrik dekat rumah, untuk menyeberang dari satu tempat ke tempat lain.

Manfaat


Manfaat hewan bunglon bagi lingkungan hidup adalah sebagai karnivora pemakan serangga dalam rantai makanan. Bunglon juga mampu memberantas serangga hama yang ada di sekitar lahan  pertaniannya dengan  cepat dan tanpa  merusak tanaman yang ditanamnya. Hal itu dikarenakan dalam memburu serangga, reptil ini hanya berdiam diri sambil menunggu serangga mangsanya datang.

Habitat


Hewan ini lebih suka hidup menyendiri dan biasanya ditemukan di semak semak, perdu dan pohon-pohon peneduh di kebun dan pekarangan. Selain itu, ia sering didapati terjatuh dari pohon atau perdu ketika mengejar mangsanya, namun akan segera berlari kembali menuju pohon terdekat.

Cara Berkembang biak


Sebagian besar spesies bunglon berkembang biak dengan cara bertelur ( ovipar ). Telur tersebut nantinya akan ditempatkan di terowongan atau lubang-lubang di dalam tanah atau di bawah batu atau daun. Hal ini membuat telur mereka menjadi dingin dan lembab. Setelah bertelur, betina menutupi area dengan kotoran untuk menyembunyikannya dari predator. Bunglon biasanya bertelur setelah periode kehamilan selama 3 sampai dengan 6 minggu.

Jenis Makanan


Bunglon atau londok memangsa berbagai macam serangga yang dijumpainya, seperti kupu kupu, ngengat, capung, lalat dan lain lain. Ia memang merupakan insektivora, yaitu hewan pemakan serangga. Bunglon menangkap serangga dengan menggunakan tembakan lidahnya yang sangat cepat. Beberapa spesies juga ada yang mengkonsumsi burung kecil dan landak.

Katagori


Hewan Predator

Klasifikasi Ilmiah


Kerajaan : Animalia   

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Squamata

Famili : Agamidae

Genus : Bronchocela

Spesies : Bronchocela jubata


 


Author

Admin NUS