https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Jarak botol (Jatropha podagrica)

Selasa, 16 Februari 2021

Nama Tanaman: Jarak botol 

Nama Ilmiah: Jatropha podagrica



Deskripsi Jarak botol 

Jarak botol atau kadang disebut juga Jarak Bali adalah tanaman herba dengan nama ilmiah Jatropha Podagrica. Jarak botol merupakan jenis herba abadi (perennial) berekor yang tumbuh setinggi 1 meter (3 kaki). Caudex berwarna abu-abu kehijauan, menonjol, dan bengkak memiliki penampilan seperti botol, sehingga memunculkan sebutan jarak botol. Jarak Botol disebut juga jarak hias, karena memang sering digunakan sebagai tanaman hias berkat penampilannya yang cukup menarik, terlebih jika sudah berbunga. 
Secara morfologi Jarak Botol memiliki pangkal batang yang menyerupai umbi. Daun bertangkai yang panjangnya 20-30 cm, helai daun bangun perisai, bentuknya bulat telur melebar dengan ukuran penampang 20-40 cm, bercangap 3 atau 5, taju runcing atau membulat. Bunga dalam malai rata yang bertangkai panjang, dengan bunga betina dan bunga jantan dalam satu tangkai, warnanya merah oranye. Buah bentuk elips melebar, berkendaga tiga, panjang 1,5 cm. Biji lonjong atau bulat panjang.

Manfaat Jarak botol 

1. Meredakan nyeri
2. Antiradang
3. Menghilangkan bengkak
4. Pembuang racun
5. Penurun panas

Habitat

Habitat pohon jarak adalah di sekitar anak sungai atau tepian sungai serta pada dataran yang mengandung banyak air. Namun tanaman ini juga sangat mudah ditemukan di kawasan hutan dan padang rumput

Syarat tumbuh

Tempat penting untuk jarak di musim semi dan musim panas harus cerah dan hangat, tetapi tanpa sinar matahari langsung. Pada fase tidak aktif, daun jarak dibuang dan tidak membutuhkan pencahayaan yang terang. Suhu yang menguntungkan untuk jarak di musim panas adalah dari dua puluh hingga dua puluh lima derajat, dan diinginkan untuk menjaga suhu udara sekitar lima belas derajat di bulan-bulan musim dingin.

Fungsi

Nektar      

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Jarak botol 

Kerajaan : Plantae
Divisi : Angiospermae
Kelas : Magnoliophyta
Ordo : Malpighiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Jatropha
Spesies : Jatropha Podagrice  


Author

Admin NUS