https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Tanaman Hias Bougenville (Bougainvillea sp)

Minggu, 14 Februari 2021

Nama Tanaman: Bougenville

Nama Ilmiah: Bougainvillea sp



Deskripsi Bougenville

Bougainvillea spectabilis atau yang lebih dikenal dengan sebutan kembang merak merupakan tanaman hias populer dan mudah kita temui di pekarangan rumah atau kantor. Bougenville adalah salah satu tumbuhan yang memiliki sifat batang berkayu (lignosus), yaitu batang yang biasa keras dan kuat, karena sebagian besar terdiri atas kayu yang mengandung zat lignin. Kembang merak memiliki bentuk batang yang bulat (teres) dan sifat permukaan batang yang berduri (spinosus). Arah tumbuh batang kembang merak adalah tegak lurus (erectus), yaitu batang tumbuh arahnya ke atas. Percabangan batang kembang merak yaitu monopodial, yaitu jika batang pokok selalu tampak jelas, karena lebih besar dan lebih panjang (lebih cepat pertumbuhannya) daripada cabang-cabangnya.

Bunga Bougenville termasuk bunga majemuk, payung 3 – 15 bunga. Bunganya beranekaragam ada kuning, merah, merah jambu, ungu, putih dan sebagainya.  Kelopak bunganya berbentuk tabung 2 – 4 mm. taju bunga 5 -8, berbentuk paku, berambut halus.

Manfaat Bougenville

1. Mengatasi masalah pencernaan

2. Membunuh bakteri

3. Sumber antioksidan alami

4. Mengatur tekanan darah

5. Menjaga keseimbangan kolestrol

6. Mencegah peradangan lambung

Habitat Bougenville

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli Brazil, kemudian menyebar hingga ke wilayah Asia Tenggara dan banyak ditemukan di hutan hujan tropik di Malaysia, Cina dan Indonesia. Persebaran tumbuhan ini di Indonesia meliputi hampir seluruh wilayah Nusantara, seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Ambon dan Irian Jaya. Tumbuhan ini dapat hidup dengan baik pada tempat-tempat yang terbuka, dengan sinar matahari yang penuh sepanjang hari. Jenis ini dapat ditemui di kebun-kebun dan pekarangan- pekarangan ditanam sebagai tanaman hias.

Syarat Iklim

Bougenville adalah sebuah tanaman yang menyukai sinar matahari. Oleh karena itu musim kemarau adalah saat yang paling dinantikan karena saat itu sinar matahari sangat berlimpah.Mengingat asalnya dari habitat aslinya di kawasan Amerika Selatan, yang juga memiliki iklim tropis, tanaman ini berkembang dengan sangat baik di Indonesia.

Fungsi

Nektar

Katagori

Paraneal

Klasifikasi Ilmiah Bougenville

Kerajaan : Plantae

Divisi :  Magnoliaiphyta

Kelas :  Magnolipsida

Ordo : Caryophyllales

Famili :  Nyctaginvillea

Genus :  bougainvillea 

Spesies : bougainvillea spectabilis



Author

Admin NUS