https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Lempar Gelang, permainan tradisional yang ada di Taman Kupu-kupu Sukardi

Rabu, 18 Agustus 2021

Pada akhir Juli 2021 kami meng-install satu sarana bermain di area playground Taman kupu-kupu Sukardi, yaitu permainan lempar gelang. Arena permainan lempar gelang sendiri terdiri dari botol sirup bekas sebagai pasaknya, yang berada pada ban besar bekas, Sedangkan untuk gelangnya sendiri terbuat dari selang air bekas.



Lempar Gelang merupakan permainan tradisional anak jaman dahulu. Permainan lempar gelang seringkali ditemui dalam kawasan Pasar Malam. Target permainan ini adalah memasukkan gelang ke pasaknya dengan jarak tertentu. Dalam permainan ini anak belajar melempar atau mengarahkan sesuatu sesuai yang dituju, semakin mahir anak melakukan permainan ini maka jarak akan semakin dijauhkan. Permainan ini sangat cocok untuk kompetisi dalam perlombaan antar kelas maupun untuk kegiatan perlombaan di masyarakat. Mainan lempar gelang ini cocok dijadikan sebagai mainan outdoor anak laki-laki dan perempuan.


Cara bermain Lempar Gelang

cara bermain dalam permainan lempar gelang sangatlah mudah. Adapun Tata caranya sebagai berikut:

  • Pertama, sebuah botol ditaruh di tanah dengan jarak tertentu(di kami botol sudah permanen tinggal pakai), kemudian dibuat satu garis sebagai batas tempat berdirinya pemain untuk memasukkan gelang pada botol. 
  • Kedua, urutan pemainnya dilakukan semacam undian yaitu dari perwakilan masing-masing kelompok melakukan Hom-pim-pa atau suit, siapa yang menang akan mendapat giliran pertama untuk memainkan, sedangkan yang kalah diurutan setelahnya. Selanjutnya setiap kelompok memegang 6 gelang. Pemain kelompok pertama melempar gelang yang sudah disediakan, siapa yang paling banyak mengumpulkan gelang yang berhasil masuk atau mengalung pada botol, maka gelang tersebut akan menjadi miliknya. 
  • Ketiga, bila dalam pelemparan tidak ada yang masuk pada botol maka yang akan menjadi pemenang adalah yang paling banyak memasukkan dalam botol.


Manfaat permainan lempar gelang

Ada manfaat permainan lempar gelang bagi anak-anak, dikutip dari situs Madaniah.co.id berikut adalah manfaat dari permainan lempar gelang

  • Melatih koordinasi tangan dan mata. Salah satu manfaat yang didapatkan dari lempar gelang adalah melatih koordinasi yang efektif antara tangan dan mata. 
  • Melatih motorik. Permainan yang dapat melatih keterampilan motorik akan membantu anak berlatih kemampuan, seperti memegang gelang lalu dilepar ke arah sasaran agar gelang dapat masuk.
  • Melatih konsentrasi. Permainan lempar gelang juga dapat melatih konsentrasi anak, karena dalam permainan ini dibutuhkan konsentrasi yang penuh dan ketepatan agar gelang yang dilemparkan masuk ke dalam sasaran.
  • Melatih keseimbangan. Permainan lempar gelang juga dapat melatih keseimbangan anak, karena saat anak melempar gelang membutuhkan Gerakan tubuh dan pandangan yang tepat.
Ada ada manfaatnya juga kan permainan ini. Permainan lempar gelang ini disediakan sebagai bentuk dukungan kami sebagai taman yang ramah anak. Silakan datang berkunjung ke Taman kupu-kupu Sukardi dan bermain sepuasnya



Author

Admin NUS