https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Pohon Turi (Sesbania grandiflora)

Selasa, 23 Februari 2021

Nama Tanaman: Turi
Nama Ilmiah: Sesbania grandiflora



Deskripsi Pohon Turi

Turi memiliki nama ilmiah Sesbania grandiflora, merupakan pohon yang berkayu lunak dan berumur pendek. Tingginya dapat mencapai 5-12 m. Akarnya berbintil-bintil dan berguna untuk menyuburkan tanah. Bunganya besar dan keluar dari rantingnya. Bunganya apabila mekar, berbentuk seperti kupu-kupu. Warna bunganya ada yang merah dan ada juga yang putih. Ada juga yang berwarna gabungan kedua-duanya. Letaknya menggantung dengan 2-4 bunga dan bertangkai, kuncupnya berbentuk sabit. Rantingnya menggantung, kulit luar berwarna kelabu hingga kecokelatan. Kulit luarnya ini tidak rata dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan dengan lapisan gabus yang mudah terkelupas. Pada bagian dalam, batangnya berlendir dan berair yang berwarna merah, dan rasanya pahit. Percabangan baru keluar apabila panjangnya sudah mencapai 5 meter. Daunnya majemuk  dan tersebar. Memiliki daun penumpu sepanjang 1/2-1 cm. Anak daunnya bentuknya jorong memanjang, rata, dan menyirip genap. Panjang tangkai daun 20–30 cm. Tangkainya pendek, dan setiap tangkai berisi 20-40 pasang anak daun. Warna bunganya ada yang merah dan ada juga yang putih. Buahnya berbentuk polong, menggantung, bersekat, dengan panjang 20-55 cm, sewaktu muda berwarna hijau, dan sudah tua berwarna kuning keputih-putihan. Sedangkan bijinya berbentuk bulat panjang, dan berwarna cokelat muda.
Asal pohon turi diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, tetapi sekarang telah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia. Spesies ini tersebar di India Timur sampai Australia. Di banyak daerah, pohon ini dikenal sebagai turi, toroy, tuwi, turing, suri, tuli, palawu, gala-gala, ngganggala, kalala, suri, uliango, tanunu, kayu jawa, ajatulama. Perbanyakan pohon turi dilakukan dengan biji atau stek batang. Biji-biji tersebut disemai terlebih dahulu. Biji yang ditabur tanpa naungan dapat berkecambah hingga 80%, tetapi perkembangbiakan dengan stek batang dilakukan kadang-kadang saja.
Daun pohon turi disukai kupu-kupu keluarga Aphias sebagai tanaman inang untuk fase ulat.
Daun Turi disukai oleh kupu-kupu Belerang (Eurama Hacabe) sebagai tanaman inang fase ulat. 

Manfaat Pohon Turi

1. Penyamak dan pewarna
2. Pakan ternak
3. Mengobati sariawan 
4. Menurunkan risiko penyakit jantung
5. Mencegah penuaan dini
6. Mencegah radikal bebas
7. Bunganya dapat dijadikan sayur

Habitat

Di Indonesia, pohon turi ditanam sebagai tumbuhan hias di halaman-halaman rumah dan di sawah-sawah sebagai tanaman pelindung. Ia dapat pula hidup pada tanah asam dan kadang juga tumbuh subur di tanah berair. Akan tetapi, turi tidak baik ditanam pada ketinggian lebih dari 1.500 mdpl.

Syarat tumbuh

Sebagai syarat tumbuh dalam cara budidaya kembang turi tumbuh di pekarangan, kebun dan sawah mempunyai tanah subur, tanah asam maupun tanah berair, tapi untuk cara budidaya kembang turi kurang baik ditanam pada ketinggian lebih dari 1.500 mdpl. Turi tumbuh optimal pada ketinggian 0 – 1200 mdpl (meter diatas permukaan laut), dengan curah hujan 2000 - 4000 mm/tahun

Fungsi

Inang 

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah Pohon Turi

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoiophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae
Genus : Sesbania
Spesies : Sesbania Grandiflora


Author

Admin NUS