https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Baby blue Eyes (Nemophila menziesii Hook. & Arn)

Jumat, 20 Agustus 2021

Nama Tanaman: baby blue eyes

Nama Ilmiah: Nemophila menziesii





Deskripsi baby blue eyes

Bunga baby blue eyes (Nemophila menziesii) atau babys blue eyes, merupakan tanaman herba berbunga yang berasal asli dari Amerika Utara, yaitu California, Baja California, Oregon. blue eyes adalah tanaman yang populer karena kecantikan bunganya. 
Tanaman baby blue eyes yang kadang disebut juga permata biru ini memiliki bunga yang terdiri dari lima tepal berbentuk cangkir. Bunganya berwarna biru muda dengan sedikit sentuhan putih di tengahnya dan bintik-bintik seperti pembuluh darah pada permukaan daunnya. 
Tanaman baby blue eyes memiliki bentuk daun ovate. Daun bagian bawah bertangkai, berlobang dan disusun berlawanan, 10–50 milimeter  dengan lima hingga tiga belas lobus, masing-masing utuh atau dengan satu hingga tiga gigi. Daun bagian atas kurang lebih sesil dan lebih sedikit lobus dibandingkan daun bagian bawah. 
Batang tanaman baby blue eyes merupakan batang yang menggandung dengan bentuk melintang. Tinggi tanaman ini hanya mencapai 15 hingga 30 cm saja. Tanaman ini tumbuh menjalar seperti lantana, menutupi tanah, sehingga cocok digunakan sebagai tanaman bedding atau penutup tanah.
Keunikan dari tanaman baby blues ini adalah memiliki kemampuan re seed, yaitu melakukan pembenihan sendiri untuk tumbuh di musim selanjutnya.

Manfaat baby blue eyes

  1. Dijadikan tanaman hias 
  2. Ekstak dari bunga ini telah digunakan oleh beberapa terapis di luar negeri untuk mengobati emosi yang terkait perasaan tidak aman akibat kurangnya dukungan emosional saat kecil.

Habitat baby blue eyes

Tanaman Blue eyes dapat ditemukan tumbuh alami di sela-sela bebatuan, padang rumput, tepi jalan dan di hutan.  Tanaman ini biasanya banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di taman dan kebun bunga. Tanaman ini cenderung tumbuh baik dalam tanah kombinasi kompos dan tanah berpasir. Tanaman tidak akan memiliki masalah tumbuh di sebagian besar jenis tanah. Tetapi mereka harus ditanam di tanah berdrainase baik yang tidak akan menahan air di akarnya.

Syarat Tumbuh 

Tanaman blue eyes sangat paling baik di daerah beriklim sejuk dan kering di mana ia akan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh selama tetap lembab. Ketinggian optimal untuk tumbuh adalah 10 - 2.500 mdpl, Kesesuaian suhu 10 - 34 derajat celcius. Dan tingkat  curah hujan sekitar 1.200 - 2.500 mm per tahun.

Fungsi

Nektar

Katagori

Annual

Klasifikasi Ilmiah baby blue eyes

Kerajaan : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Asterids
Ordo : Boraginales
Famili : Boraginaceae
Genus : Nemophila
Species : Nemophila menziesii


Author

Admin NUS