-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kupu-kupu Renda (Hypolimnas bolina) si Kupu-kupu cantik yang memiliki banyak variasi warna

Friday, September 9, 2022

Nama Hewan: Kupu - kupu Renda
Nama ilmiah: Hypolimnas bolina


Kupu-kupu Renda Betina

Deskripsi Kupu-kupu Renda

Kupu-kupu Renda (Hypolimnas bolina) atau Great Egg-fly adalah kupu-kupu yang memiliki banyak jenis variasi jenis warna (polimorfisme), khususnya pada betina. Merupakan salah satu jenis kupu-kupu yang paling bervariasi di dunia, karena betina memiliki lebih dari setengah  lusin  bentuk. Kupu-kupu Renda bersifat sexual dimorfik dalam hal warna. Betina memiliki warna yang lebih bervariasi dengan bagian dorsal yang lebih terang dan jelas dibandingkan dengan jantan. Kupu-kupu betina terkadang memiliki tanda bintik orange yang besar di permukaan sayap dorsal. Sedangkan pada kupu-kupu jantan, tanda tersebut tidak ditemukan pada bagian dorsal tubuhnya, namun memiliki spot putih yang besar pada bagian tengah masing-masing sayap dan spot putih kecil di dekat ujung masing-masing sayap depan yang dikelilingi oleh violet.

Kupu-kupu renda jantan


Kupu-kupu Renda adalah kupu-kupu berbadan hitam dengan lebar sayap sekitar 70–85 milimeter (2,8–3,3 inci). Ulat Telur berwarna hijau pucat, seperti kaca dengan tonjolan memanjang kecuali di bagian atas. Setelah sekitar empat hari telur menetas. Ulat segera keluar . Mereka berwarna hitam dengan kepala oranye. Segmen terakhir juga berwarna oranye. Kepalanya memiliki sepasang tanduk hitam bercabang panjang. Permukaan tubuhnya juga ditumbuhi duri-duri hitam yang panjang, bercabang, berwarna jingga. Duri ini terlihat keputihan dan transparan segera setelah berganti kulit , tetapi segera menjadi oranye biasa. Pada instar berikutnya , spirakel dikelilingi oleh cincin oranye yang tipis dan kotor. Kepompong ditangguhkan hanya dengan satu titik. Warnanya coklat dengan semburat abu-abu di sayap. Segmen perut memiliki tuberkel yang berbeda. Permukaan pupa kasar. Kupu-kupu muncul setelah tujuh hingga delapan hari sebagai kepompong (perkembangan betina selalu sedikit lebih lama).


Manfaat Kupu-kupu

Kupu-kupu mempunyai nilai yang penting dalam ekosistem hutan, yaitu sebagai penyerbuk (pollinator) untuk menjaga keragaman tumbuhan. Keberadaan kupu-kupu sebagai serangga penyerbuk dapat membantu mempertahankan banyak spesies tumbuhan di habitatnya. Beberapa tumbuhan dan serangga mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Beberapa tumbuhan hanya dapat diserbuk oleh serangga tertentu. Namun demikian, dalam bidang pertanian, kupu-kupu juga dapat menjadi hama, terutama pada stadia larva.

Kupu-kupu juga berperan sebagai bio indikator lingkungan. Kupu-kupu dengan warna cerah mengindikasikan jika lingkungan tersebut asri, sedangkan kupu-kupu dengan warna gelap mengindikasikan jika lingkungan tersebut tercemar.


Habitat Kupu-Kupu Renda

Kupu-Kupu Renda merupakan salah satu spesies kupu-kupu Nymphalidae yang sering diperdagangkan. Penyebaran Kupu-Kupu Renda meliputi daerah tropis dan sub tropis, yaitu di seluruh Asia Tenggara dan Indo-Australia, bagianbarat Madagaskar, kepulauan Pasifik Selatan, Polinesia Perancis, Tonga, Tuvalu, Samoadan Vanuatu, Jepang, Selandia baru dan Asia Selatan. Dapat ditemukan pada habitat hutan basah, taman, kebun, wilayah irigasi, dan sungai.

Cara Berkembang biak

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. kupu-kupu melewati daur hidup yang dikenal metamorfosis atau perubahan bentuk lengkap. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, ulat, kepompong, dan imago. 

Jenis Makanan Kupu-Kupu Renda 

Pada dasarnya kupu-kupu hanya meminum nutrisi dari berbagai sumber. Kupu-kupu menggunakan organ yang mirip belalai  di mulutnya yang disebut degan proboscis untuk menghisap makanannya. Pakan kupu-kupu adalah sebuk sari dan nektar, buah busuk, kotoran hewan, mineral dan keringat. Sementara di Selandia Baru, kupu-kupu dewasa telah diamati memakan nektar tanaman Lantana, Grevillea, Hebe, Symphyotrichum novi-belgii dan Solanum muricatum .

Tanaman inang dari Kupu-Kupu Renda adalah Sidagori (Sida rhombifolia), Krokot (Portulaca oleracea), Elatostema cuneatum , Fleurya interrupta , Pseuderanthemum variabile , Ipomoea batatas, Alternanthera denticulata dan Synedrella nodiflora . Ulat menerima daun Pipiturus argenteus. Mereka juga diketahui memakan spesies Urtica dioica dan Malva. Di Taman Kupu-kupu Sukardi sendiri, ulat dari spesies kupu-kupu ini dijumpai memakan daun Ara Sungsang (asystesia gangetica)  

Katagori

Kupu-kupu

Klasifikasi Ilmiah Kupu-Kupu Renda 

Kerajaan : Animalia   

Filum : Arthropoda

Kelas : Insecta

Ordo : Lepidoptera

Famili : Nymphalidae

Genus : Hypolimnas

Spesies : Hypolimnas bolina



Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover