https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Pengolahan sampah plastik mandiri di Taman Kupu-kupu Sukardi

Jumat, 12 November 2021

Taman kupu-kupu Sukardi sebagai salah satu tempat ekowisata di Tangerang dalam aktivitasnya tentu akan menghasilkan sampah baik dari hasil penangkaran maupun sampah yang dibawa oleh pengunjung. Sejak Oktober 2021 Kami berkomitmen untuk mengolah sampah itu sendiri, khususnya sampah anorganik yang sulit terurai seperti plastik kemasan. Tulisan ini akan memaparkan mengenai proses pengolahan sampah plastik di taman kupu-kupu Sukardi.

Proses pertama adalah penyediaan tempat sampah untuk Jenis sampah yang dibedakan menjadi 3 yaitu; sampah organik, sampah kemasan plastik, dan Sampah botol atau gelas plastik. Pembagian tiga tempat sampah ini untuk memudahkan pemilahan sampah.

Proses kedua dalam pemilihan sampah. Sampah dipilah berdasarkan dua  katagori yaitu organik dan anorganik. Anorganik sendiri dipisah berdasarkan jenisnya seperti kemasan plastik ,botol plastik, gelas plastik, kaleng, kardus dan lain-lain. Untuk sampah botol plastik dan material anorganik lain yang bernilai ekonomis kami berikan ke ke bank sampah Gintung Mesra untuk didaur ulang. Sedangkan sampah kemasan plastik, kantong plastik, styrofoam, sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang akan kami sisihkan untuk dijadikan ecobrick. Sementara sampah organik kami berikan kepada peternak yang ada di sekitar kami.

Tahap ketiga pengolahan sampah plastik menjadi ecobrick. Plastik  kemasan plastik yang tidak dapat didaur ulang kami gunting, kemudian dicuci sampai bersih. Sampah yang masih basah ini kami tiriskan untuk kemudian dijemur sampai kering. Setelah kering sampah-sampah tersebut kemudian kami ubah menjadi ecobrick.

Ecobrick merupakan pengolahan sampah dengan cara pemadatan, yaitu proses untuk mengurangi timbulan sampah dengan mengubah volume sampah itu sendiri. Ecobrick juga mampu memberikan kehidupan baru bagi limbah plastik. Tidak mencemari perairan atau berakhir di TPA, tapi dapat dimanfaatkan menjadi material bangunan dan furniture.

Dengan upaya pengolahan sampah plastik sendiri ini, kami berharap dapat menekan jumlah sampah yang berakhir di TPA.


Tulisan pertama kali dimuat di https://berandainspirasi.id/pengolahan-sampah-plastik-di-taman-kupu-kupu-sukard/


Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeed.id, Writer, Traveler, books lover