https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal Belalang Hijau

Sabtu, 04 September 2021

Nama Hewan: Belalang Hijau

Nama Ilmiah: Oxya chinensis



Deskripsi Belalang Hijau

Belalang hijau adalah salah satu dari jenis belalang yang cukup terkenal di kalangan pecinta hewan serangga. Belalang hijau memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik pada lingkungan tempat tinggalnya. Belalang hijau dalam dunia pertanian merupakan hama. Populasi belalang yang berlebih akan sangat merugikan petani jika menyerang tanaman di perkebunan.

Tubuh belalang terdiri dari 3 bagian utama, yaitu kepala, dada (thorax) dan perut (abdomen). Belalang juga memiliki 6 enam kaki bersendi, 2 pasang sayap, dan 2 antena. Kaki belakang yang panjang digunakan untuk melompat sedangkan kaki depan yang pendek digunakan untuk berjalan. Meskipun tidak memiliki telinga, belalang dapat mendengar. Alat pendengar pada belalang disebut dengan tympanum dan terletak pada abdomen dekat sayap. Tympanum berbentuk menyerupai disk bulat besar yang terdiri dari beberapa prosesor dan saraf yang digunakan untuk memantau getaran di udara, secara fungsional mirip dengan gendang telinga manusia. Belalang bernafas dengan trakea.

Belalang punya 5 mata (2 compound eye, dan 3 ocelli). Belalang termasuk dalam kelompok hewan berkerangka luar (exoskeleton). Contoh lain hewan dengan exoskeleton adalah kepiting dan lobster.

Belalang adalah hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang hanya memiliki 3 tahap, yaitu telur, nimfa, dan imago (dewasa). Dimana tampilan fisik antara nimfa dan imago tidak jauh berbeda. Sedangkan metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang memiliki 4 tahap, yaitu telur, nimfa, pupa, dan imago. Tahap yang membedakan metamorfosis tidak sempurna dengan metamorfosis sempurna adalah tahap pupa (kepompong).

Manfaat Belalang Hijau

Manfaat belalang adalah sebagai berikut:

  • Berperan penting dalam rantai makanan. Dalam rantai mekanan belalang merupakan konsumen kelas tingkat 1, dimana belalang memakan daun, dan burung liar memakan belalang, demikian seterusnya sampai kepada konsumen tingkat atas dan berlanjut kepada pengurai bagi hewan atau tumbuhan yang sudah mati. Jadi keberadaan belalang juga sangat berpengaruh bagi sebagian populasi hewan lain semisal burung.
  • Sebagai pakan burung hias. Belalang bisa dijadikan sebagai pakan bagi burung peliharaan selain dari jangkrik, keberadaan belalang yang terdapat dimana mana juga mempermudah untuk ditangkap untuk dijasikan makanan burung peliharaan.
  • Sebagai sumber protein dan mineral altarnatif. Secara ilmiah belalang  mengandung protein dan mineral yang tinhgj, belalang bisa dijadikan lauk pengganti ikan atau daging sebagai penyedia protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Habitat Belalang Hijau

Kebanyakan ekosistem belalang lebih menyukai habitat terbuka yang kering dengan banyak rumput serta tanaman rendah lainnya, meskipun beberapa spesies lainnya hidup di hutan ataupun hutan blantara. Banyak spesies belalang yang hidup di padang rumput sering menyerang ladang petani sekitar. 

Cara Berkembang biak Belalang Hijau

Telur belalang menetas menjadi nimfa, dengan tampilan belalang dewasa versi mini tanpa sayap dan organ reproduksi. Nimfa belalang yang baru menetas biasanya berwarna putih, namun setelah terekspos sinar matahari, warna khas mereka akan segera muncul.

Selama masa pertumbuhan, nimfa belalang akan mengalami ganti kulit berkali kali (sekitar 4-6 kali) hingga menjadi belalang dewasa dengan tambahan sayap fungsional. Masa hidup belalang sebagai nimfa adalah 25-40 hari.

Setelah melewati tahap nimfa, dibutuhkan 14 hari bagi mereka untuk menjadi dewasa secara seksual. Setelah itu hidup mereka hanya tersisa 2-3 minggu, dimana sisa waktu itu digunakan untuk reproduksi dan meletakkan telur mereka. Total masa hidup belalang setelah menetas adalah sekitar 2 bulan (1 bulan sebagai nimfa, 1 bulan sebagai belalang dewasa)

Jenis Makanan Belalang Hijau

Belalang adalah hama rakus yang sangat merugikan, mereka makan mulai dari daun jati, pisang, padi, jagung hingga tebu. 50 ekor belalang dewasa dapat menghabiskan makanan setara dengan seekor sapi dewasa.

Katagori

Hewan Liar

Klasifikasi Ilmiah Belalang Hijau

Kingdom : Animalia

Filum : Arthropoda

Kelas : Insecta

Ordo : Orthoptera

Famili : Acrididae

Genus : Oxya

Spesies : Oxya chinensis


Author

Admin NUS