https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman obat lidah buaya(Aloe Vera)

Rabu, 19 Mei 2021

Nama Tanaman: lidah buaya

Nama Ilmiah:  Aloe Vera




Deskripsi lidah buaya

Lidah buaya (Aloe vera) adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun (Perennial), berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia. Telah dikenal sebagai obat dan kosmetika sejak berabad-abad silam. 

Lidah buaya mempunyai akar yang serabut yang panjangnya bisa mencapai 30-40cm tergantung pada perkembangan lidah buaya. Batang dari lidah buaya sangat pendek bahkan jarang terlihan dikarenakan terhalang oleh kumpulan daun lidah buaya, panjang batang lidah buaya sekitar 3-4 cm . batang lidah buaya berserat dan berkayu juga dapat menghasilkan tunas baru pada batangnya.

Tanaman lidah buaya mempunyai daun yang berdaging tebal, berbentul helaian dan memanjang, dipinggiran daun lidah buaya berbentuk bergerigi atau duri. Mempunyai warna hijau dan mempunyai lapisan lilin pada permukaan nya. Memiliki Kandungan air, getah dan lendir yang tinggi.

Bunga lidah buaya menyerupai terompet atau tabung kecil dengan panjang rata rata sekitar 2-3cm, bunga lidah buaya mempunyai batang dengan panjang 50 sampai 100cm dan  warna dari lidah buaya berwarna kuning sampai orange.

Manfaat lidah buaya


Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh 
Lidah buaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Anda bisa mengonsumsi lidah buaya dengan diolah menjadi minuman segar. 

2. Batuk 
Lidah buaya juga jadi obat batuk herbal. Sebab, lidah buaya mampu membuang lendir dan menenangkan tenggorokan.

3. Plak gigi 
Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Ethiopian Journal of Health Sciences, berkumur dengan jus lidah buaya bisa mencegah timbulnya plak gigi.

4. Menyembuhkan luka bakar 
Getah gel lidah buaya bersifat antiseptik dan dingin. Hal inilah yang membuat lidah buaya dipercaya ampuh menyembuhkan luka bakar.  Selain itu, lidah buaya merangsang untuk pembentukan jaringan sel kulit baru.

5. Sariawan 
Beberapa penelitian menyebutkan lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Tidak hanya itu, gel lidah buaya juga bisa mengurangi rasa sakit dari sariawan.

6. Tekanan darah tinggi 
Mengutip dari Jurnal berjudul Pengaruh Jus Lidah Buaya Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi karya Shella Ramadhani, lidah buaya mengandung senyawa aktif flavonoid, ariginiin, dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 
Bahkan senyawa aktif dalam lidah buaya juga bisa untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sebagai obat herbal darah tinggi, lidah buaya bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus. 

7. Sembelit 
Mengutip dari situs sajiansedap.grid.id, lidah buaya mengandung zat polisakarida yang bisa mengatasi masalah pencernaan. 

8. Diabetes 
Lidah buaya mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian menunjukkan lidah buaya mampu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

9. Asam lambung 
Getah gel lidah buaya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan asam perut bila dikonsumsi dengan jumlah tepat. 

10. Melembabkan kulit 
Melansir dari Kompas.com, lidah buaya mengandung vitamin A, C, E dan juga mineral serta antioksidan yang bermanfaat untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. 

Habitat

Habitat lidah buaya adalah tempat yang kering atau panas. Lidah buaya dapat tumbuh subur di tanah yang memiliki struktur gembur dan banyak mengandung bahan organik. Karena itu, tanaman ini cocok sekali dibudidayakan secara organik.

Syarat Tumbuh

Tanaman lidah buaya tumbuh optimal di tempat yang memiliki ketinggian sekitar 200 sampai 700 mdpl. Lidah buaya termasuk tanaman yang membutuhkan sinar matahari penuh dengan kelembapan cukup tinggi.

Suhu yang diperlukan untuk tanaman ini adalah 16 – 30 derajat Celcius dengan curah hujan berkisar antara 2500 sampai 4000 mm/tahun. Lidah buaya jangan ditanam di daerah yang terlalu teduh atau kurang mendapatkan sinar matahari, karena akan menyebabkan perkembangan yang lambat dan mudah patah.

Fungsi

Pendukung

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah lidah buaya

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Asparagales
Super Ordo : Lilianae
Famili : Xanthorrhoeaceae
Genus : Aloe. L
Spesies : Aloe Vera.


Author

Admin NUS