-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Ruellia Ungu (Ruellia simplex C. Wright)

Sunday, February 21, 2021

Nama Tanaman: Ruellia Ungu  
Nama Ilmiah: Ruellia simplex C. Wright



Deskripsi Ruellia Ungu

Ruellia ungu atau kadang disebut juga Rowlia Ungu  (Ruellia simplex) adalah salah satu tanaman berbunga ungu, merah jambu atau biru (ada juga yang berwarna putih) yang berasal dari keluarga Acanthaceae. Tanaman ruellia ini berasal dari Meksiko, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan. Meski demikian, Ruellia ungu di Indonesia dapat tumbuh dengan subur. Tanaman yang dalam bahasa Indonesia ini disebut juga kencana ungu merupakan tanaman hias yang banyak ditanaman pada taman-taman tepi jalan. Ruellia ungu juga bermanfaat sebagai tanaman obat dan sebagai penutup tanah menyerupai rumput berbunga. 
Perbanyakan tanaman ini cukup mudah,  bisa dari biji maupun stek batang. Di taman kupu-kupu sukardi, Ruelia ungu diperbanyak dengan cara water layering.
Ruellia Ungu merupakan jenis tanaman hijau abadi (perennial) yang dapat tumbuh tinggi sampai 91 cm. Tangkai-tangkai bunga berkumpul membentuk rangkaian dengan daun-daun berbentuk lanset. Daun-daun ini berukuran panjang 15-30 cm dan lebar 1,3-1,9 cm. Bunga ruellia ungu ini berbentuk terompet, berwarna biru metalik hingga ungu, memiliki petal berjumlah 5 dengan diameter bunga berukuran 7,6 cm. Bunga hanya bertahan satu hari, jika pagi mekar, sore harinya bunga akan gugur.

Manfaat Ruellia Ungu

1. Mengobati wasir berdarah
2. Mengobati susah Tidur
3. Mengobati bisul dan koreng
4. Antiradang 
5. Mengobati rematik 

Habitat

Jenis tanaman ruellia ungu ini mudah tumbuh pada berbagai kondisi lingkungan, baik pada tempat-tempat yang mendapat intensitas cahaya matahari penuh maupun pada tempat yang ternaung sebagian.

Syarat Iklim

Di Indonesia, jenis ini tumbuh di tanah yang kaya humus dan cukup air. Sinar matahari penuh membantu pertumbuhan yang optimal.

Fungsi

Nektar    

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Ruellia Ungu

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida  
Ordo : Lamies
Famili : Acanthaceae
Genus : Ruellia
Spesies : Ruellia simplex C. Wright


Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover