https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Jarak Pagar (Jatropha curcas L)

Rabu, 17 Februari 2021

Nama Tanaman: Jarak botol 

Nama Ilmiah: Jatropha podagrica



Deskripsi Jarak pagar

Jarak pagar (J. curcas L.) merupakan tumbuhan yang termasuk kategori tanaman liar dan bisa tumbuh serta beradaptasi di berbagai wilayah. Tanaman jarak pagar bermanfaat untuk mencegah dan mengobati beberapa  penyakit secara tradisional. Bagian-bagian yang digunakan yaitu daun, buah, biji, dan getah.  Tanaman jarak dapat menghasilkan minyak yang dapat diolah menjadi bahan bakar atau pengganti minyak bumi. 
Tanaman Jarak dibawa ke Indonesia oleh bangsa Jepang. Kemudian tanaman jarak pagar menyebar di hampir seluruh pelosok negeri Indonesia. Oleh karena itu, maka dikenal dengan berbagai nama daerah seperti di Aceh (nawaih nawas), Minangkabau (jirak), Sunda (jarak kosta atau jarak kusta atau jarak budeg dan kalake pagar), Madura (kalakhe paghar), Jawa (jarak gundul, jarak cina, jarak iri, jarak pager), Bali (jarak pager), Nusa Tenggara Barat (lulu nau, lulu air fula, paku luba, paku lunak, jarak pageh), Timor (paku kase), Alor (kuman nema), Rote (lulunan), Sulawesi (jarak kosta, jarak wolanda, tondoutomene, bindalo) khususnya di Gorontalo (bindalo), di Manado (balacai), di Makasar (tangang tangang kali atau tangang tangang kanjoli), dan Maluku (muun mav, ai huwa kamala, ai kamala, ai hua kamaalo, jai huakamalo, balacai, kadoto, balacai hisa).
Tanaman jarak pagar berupa perdu dengan tinggi 1-7 m, bercabang tidak teratur. Batangnya berkayu, silindris dan bila terluka akan mengeluarkan getah. Daun tanaman jarak pagar adalah daun tunggal berlekuk dan bersudut 3 atau 5, daun tersebar disepanjang batang, permukaan atas daun bewarna hijau dan bagian bawah lebih pucat dibanding permukaan atas. Bunga tanaman jarak pagar adalah bunga majemuk berbentuk malai, bewarna kuning kehijauan, berkelamin tunggal, dan berumah satu (putik dan benang sari dalam satu tanaman). Buah tanaman pagar berupa kotak berbentuk bulat telur dengan diameter 2-4 cm. Panjang buah 2 cm dengan ketebalan sekitar 1 cm. Buah bewarna hijau ketika muda serta abu-abu kecoklatan atau kehitaman ketika masak. Buah jarak terbagi menjadi 3 ruang, masing-masing ruang berisi satu biji sehingga dalam setiap buah terdapat 3 biji. Biji berbentuk bulat lonjong dan bewarna coklat kehitaman. Biji inilah yang banyak mengandung minyak sekitar 35-45% dan beracun. 

Manfaat Jarak pagar

1. Obat Sakit Gigi
2. Obat Sariawan
3. Mengatasi Konstipasi
4. Mengobati Luka
5. Mengatasi Ketombe
7. Minyak biodiesel
8. Bahan kosmetik
9. Bahan pupuk organic

Habitat Jarak pagar

Jatropha curcas L. dapat tumbuh hampir dimana saja meskipun daerah berbatu, berpasir dan tanah bergaram tinggi. Tanaman ini juga dapat tumbuh pada tanah miskin dan berbatu dan juga pada celah-celah bukit berbatu.

Syarat Iklim

Tanaman jarak pagar dapat dijumpai tumbuh di daerah yang beriklim tropik maupun sub-tropik. Suhu yang tinggi maupun rendah tidak akan mematikan tanaman ini. Kebutuhan air untuk pertumbuhannya sangat rendah dan dapat terus tumbuh pada kondisi kekeringan yang cukup lama dengan cara menggugurkan daunnya untuk beradaptasi. Daerah yang cocok sebagai tempat tumbuhnya berkisar antara dataran rendah hingga dataran dengan ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Namun dijumpai pula dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, dan suhu berkisar antara 18 – 28,5OC. Curah hujan yang sesuai adalah 625 mm/tahun. Namun masih dapat tumbuh pada daerah dengan kondisi curah hujan antara 300 – 2.380 mm/tahun.

Fungsi

Nektar      

Katagori

Pareneal

Klasifikasi Ilmiah Jarak pagar

Kerajaan : Plantae
Divisi       :  Angiospermae
Kelas       :  Magnoliophyta
Ordo        : Malpighiales
Famili       :  Euphorbiaceae
Genus       :  Jatropha
Spesies     : Jatropha curcas L  


Author

Admin NUS