https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal Tanaman obat Sirih Hijau (Piper betle L)

Rabu, 19 Agustus 2020

Nama Tanaman: Sirih Hijau

Nama Ilmiah:  Piper betle L




Deskripsi Sirih Hijau

Daun sirih merupakan tanaman asli dari Indonesia yang batangnya sangat menyebar ataupun merambat pada tanaman yang lainnya. Batang dari tanaman daun sirih beruas yang dimana sebagai tempat keluarnya akar, dengan bentuk bulat dan  berwarna hijau kecoklatan.

Karakteristik lain dari tanaman ini  yaitu memiliki daun tunggal dan berbentuk jantung dengan ujung runcing. Bunganya berbentuk majemuk dan berbulir serta berbuah dengan bentuk bulat dan berwarna hijau keabu-abuan. Warna dari akarnya coklat kekuningan yang tergolong dalam akar tunggang.

Daun sirih disukai ulat Ideopsis juventa sebagai tanaman inang.

Manfaat Sirih Hijau

Berikut adalah segenap manfaat daun sirih bagi kesehatan:

1. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2
Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
Daun sirih mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

3. Penangkal kanker pasien kanker
Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

4. Mempercepat penyembuhan luka bakar obat luka bakar
Manfaat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Daun sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

5. Membantu menurunkan depresi gangguan skizoafektif
Beberapa riset menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang memilikinya. Salah satu penelitian melaporkan, mengunyah dauh sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.

6. Menjaga kesehatan mulut dan gigi 
Mengunyah daunnya dan/atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.

7. Menjaga saluran pencernaan puasa saat diare
Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai hal.
Daun sirih sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung dan meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. Manfaat daun sirih lainnya terhadap kesehatan saluran cerna adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

8. Meningkatkan energi otot lebih kuat
Mengunyah daun sirih dan biji pinang khususnya diketahui dapat meningkatkan energi. Ini karena biji pinang mengandung berbagai zat aktif yang bekerja mirip dengan nikotin, alkohol, dan kafein untuk merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Peningkatan hormon adrenalin membuat Anda jadi lebih fikus dan waspada serta lebih berenergi.

9. Mengobati mimisan
Anda pasti sudah sangat akrab dengan manfaat daun sirih yang satu ini sejak kecil dulu. Cara kerja daun sirih menyembuhkan mimisan mirip dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka bakar.

10. Obat radang prostat
Daun sirih merah, khususnya, bisa Anda jadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa.

11. Obat batuk
Rebusan daun sirih merah dipercaya mampu meringankan batuk. Pasalnya, sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal.

Habitat

Habitat tanaman sirih hijau tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sering ditemukan di pekarangan. Tanaman daun sirih menyukai tanah lempung liat berpasir.

Syarat tumbuh

Tanaman daun sirih akan tumbuh secara maksimal apabila ditanaman ditempat yang sesuai, yaitu berada di daerah dengan ketinggian diatas 300 mdpl. Pada umumnya tanaman ini tidak membutuhkan panas yang tinggi. hal ini karena akan apabila dalam temperatur panas yang tinggi akan berpengaruh terhadap kualitas daun yang dihasilkan. oleh karena itu tanaman daun sirih hanya membutuhkan sinar matahari sekitar 60-70 %

Fungsi

Pendukung & Inang

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Sirih hijau

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Ordo : Piperales
Famili : Piperaceae
Genus : Piper
Spesies : Piper betle L.


Author

Admin NUS