-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kupu-kupu Blue Pansy (Junonia orithya) si biru cantik yang suka terbang di rerumputan

Tuesday, May 16, 2023

 Nama Hewan: Kupu-kupu Blue Pansy

Nama ilmiah: Junonia orithya

Kupu-kupu Blue Pansy jantan

Deskripsi Kupu-kupu Blue Pansy

Kupu-kupu Blue Pansy atau yang memiliki nama ilmiah Junonia orithya adalah salah satu spesies kupu-kupu berwarna biru dari famili Nymphalidae. Ia meliputi beberapa subspesies dari Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Australia. Kupu-kupu jantan di bagian atas sayap depan berwarna hitam sampai coklat tua dengan pita sub-apikal keputihan, dua garis oranye dan dua garis biru di dalam sel, dan dua bintik mata pasca-cakram di ruang 2 dan 5. Sayap belakang jantan adalah biru cemerlang dengan bercak mata jingga di ruang 2 dan 5. Pada beberapa spesimen, bercak mata di ruang 5 ukurannya jauh lebih kecil dan berwarna hitam. Betina memiliki tanda yang sama tetapi dengan rona yang jauh lebih kusam. Di bawah, kedua jenis kelamin berwarna coklat keabu-abuan dengan tanda jingga/coklat samar dan memiliki bintik mata yang sama seperti di sisi atas.

Kupu-kupu Blue Pansy betina

Junonia orithya aktif pada pagi hari pada saat cuaca sedang cerah dengan melakukan aktivitas terbang mengelilingi tanaman berbunga. Saat cuaca mendung dan hujan kupu-kupu ini akan bernaung di bawah dedaunan sembari melakukan aktivitas makan, dan ketika cuaca cerah kupu-kupu akan hinggap untuk melakukan aktivitas berjemur pada daun-daun yang terbuka dengan posisi sayap merentang untuk menghangatkan tubuhnya. Junonia orithya jantan akan hinggap pada waktu yang lama di satu tempat yang sama untuk mengamati kupu-kupu betina sejenis yang sedang menghisap nektar. Spesies kupu-kupu ini memiliki kebiasaan terbang rendah di rerumputan.

Manfaat Kupu-kupu

Kupu-kupu mempunyai nilai yang penting dalam ekosistem hutan, yaitu sebagai penyerbuk (pollinator) untuk menjaga keragaman tumbuhan. Keberadaan kupu-kupu sebagai serangga penyerbuk dapat membantu mempertahankan banyak spesies tumbuhan di habitatnya. Beberapa tumbuhan dan serangga mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Beberapa tumbuhan hanya dapat diserbuk oleh serangga tertentu. Namun demikian, dalam bidang pertanian, kupu-kupu juga dapat menjadi hama, terutama pada stadia larva.

Kupu-kupu juga berperan sebagai bio indikator lingkungan. Kupu-kupu dengan warna cerah mengindikasikan jika lingkungan tersebut asri, sedangkan kupu-kupu dengan warna gelap mengindikasikan jika lingkungan tersebut tercemar.


Habitat Kupu-Kupu Blue Pansy

Kupu-Kupu Blue Pansy dapat ditemukan di taman dan kebun, tetapi lebih sering di daerah terbuka berumput. Mereka cenderung mengunjungi bunga-bunga kecil yang tumbuh di daerah berumput, dan berjemur dengan sayap terbuka penuh. 

Cara Berkembang biak

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. kupu-kupu melewati daur hidup yang dikenal metamorfosis atau perubahan bentuk lengkap. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, ulat, kepompong, dan imago. 

kepompong dari Kupu-kupu Blue Pansy


Jenis Makanan Kupu-Kupu Blue Pansy 

Pada dasarnya kupu-kupu hanya meminum nutrisi dari berbagai sumber. Kupu-kupu menggunakan organ yang mirip belalai  di mulutnya yang disebut degan proboscis untuk menghisap makanannya. Pakan kupu-kupu adalah sebuk sari dan nektar, buah busuk, kotoran hewan, mineral dan keringat. Sementara di Selandia Baru, kupu-kupu dewasa telah diamati memakan nektar tanaman Lantana, Grevillea, Hebe, Symphyotrichum novi-belgii dan Solanum muricatum .

ulat dari Kupu-kupu Blue Pansy di pohon Ara Sungsang


Ulat Blue Pansy memakan daun tanaman inang lokalnya, Ara Sungsang (Asystasia gangetica), yang merupakan gulma yang sangat umum di temukan di lahan tak terawat. 

Katagori

Kupu-kupu

Klasifikasi Ilmiah Kupu-Kupu Blue Pansy

Kerajaan : Animalia   

Filum : Arthropoda

Kelas : Insecta

Ordo : Lepidoptera

Famili : Nymphalidae

Genus : Junonia

Spesies : Junonia Orithya





Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover