https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Tanaman Hias Bunga Kertas (Zinnia elegans Jaqc.)

Minggu, 14 Februari 2021

Nama Tanaman: Bunga Kertas

Nama Ilmiah: Zinnia elegans Jaqc



Deskripsi Zinnia elegans Jaqc.

Zinia anggun atau di Indonesis dikenal dengan nama bunga Kertas (Zinnia elegans Jaqc.) adalah salah satu tumbuhan berbunga semusim paling terkenal dari genus Zinia. Tanaman ini berasal dari Meksiko, namun tumbuh sebagai tanaman hias di banyak tempat dan menyebar di beberapa tempat, termasuk di Amerika Tengah dan Selatan, Hindia Barat, Amerika Serikat, Australia dan Italia.

Bunga Zinnia elegant ini mempunyai diameter bunga mencapai 10 cm. Bentuk bunga terdiri dari disk dan petal yang mana bagian disk terletak di bagian tengah dengan warna kuning-jingga atau ungu kecoklatan. Sementara bagian petal terletak di bagian disk yang tersusun menyebar dengan jumlah mulai dari 8–20 dan jumlah tersebut bisa mencapai dua kali hingga tiga kali lipatnya pada tanaman hasil kultivar.Warna pada petal beraneka macam mulai dari putih, kuning, merah, jingga, pink, ungu, ungu kemerahan, namun di alam sering dijumpai dengan warna merah. Bentuk kembang kertas sendiri terdiri dari bentuk tunggal, tumpuk, dan pompom yang didasarkan atas lapisan petal pada bagian disk bunga

Manfaat Zinnia elegans Jaqc.

  1. Mengobati Payudara bengkak
  2. Bisul (furunculus) 
  3. Sakit pada putting susu 
  4. Batuk rejan (pertussis)
  5. Disentri karena panas dalam
  6. Gangguan buang air kecil

Habitat Zinnia elegans Jaqc.

Tanaman yang tumbuh liar di alam tumbuh setinggi 30 inci (76 cm) dengan ukuran kepala bunga sekitar 2 inci (5 cm). Tanaman ini menyukai tempat-tempat terbuka yg terkena cahaya matahari.

Syarat Iklim

Zinnia Elegant mampu tumbuh di daerah tropis dan subtropis dengan ketinggian hingga 1.800 m. Zinnia tumbuh dengan mudah dan lebih menyukai tanah geluh, merupakan tanah dengan komposisi pasir, debu, dan lempung dalam jumlah yang relatif seimbang.  Zinnia menyukai sinar matahari penuh. Mereka tumbuh dengan baik di daerah yang kering, hangat dan bebas musim dingin, serta banyak di antaranya memiliki toleran terhadap kekeringan. Beberapa mungkin dapat tumbuh di dalam ruangan.

Fungsi

Nektar

Katagori

Annual

Klasifikasi Ilmiah Zinnia elegans Jaqc.

Kerajaan : Plantae

Divisi :  Magliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Asterales

Famili : Asteraceae

Genus : Zinnia

Spesies : Zinnia elegans Jaqc.


Author

Admin NUS