-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kupu-Kupu Common Pierrot (Castalius rosimon), si kupu-kupu mungil

Tuesday, September 6, 2022

Nama Hewan: Common Pierrot
Nama ilmiah: Castalius Rosimon




Deskripsi Kupu-kupu Common Pierrot

Kupu-Kupu Common Pierrot memiliki nama ilmiah Castalius rosimon adalah kupu-kupu berukuran kecil dari keluarga Lycaenidae. Kupu-kupu ini memilii warna dominan putih dengan garis-garis hitam. Spesies ini ditemukan di Sri Lanka , India , Myanmar ; Tenasserim , meluas ke subregional Malaya. Di kepulauan Indonesia kupu-kupu terdapat di timur laut Sumatera , Kalimantan, Jawa bagian timur , Bali , Bangka , Timor , Wetar , Kissar , Sumbawa dan Sulawesi.

Secara morfologi kupu-kupu Common Pierrot jantan, pada sayap bagian atas memiliki pita berwarna putih. Area apikal pita terdapat warna ungu metalik. Sayap bagian bawah baik sayap depan maupun sayap belakang memiliki deretan spot warna hitam pada area marginal sayap. Kupu-kupu ini memiliki ukuran sayap sekitar 1 cm. Antena, kepala, dada dan perut hitam, batang antena bercincin putih, kepala di antara mata dan di belakangnya putih; bawah: palpi, dada dan perut putih, yang terakhir dibatasi lebar dengan putih di sisi. Sedangan kupu-kupu betina, secara morfologi mirip dengan jantan tetapi dengan tanda hitam di bagian atas dan bawah lebih lebar.

Kupu-kupu Common Pierrot memiliki kepakan sayap yang cepat dan terbang dengan kecepatan tinggi, memiliki kebiasaan terbang rendah di semak belukar atau sekitar pohon. 

Manfaat Kupu-kupu

Kupu-kupu mempunyai nilai yang penting dalam ekosistem hutan, yaitu sebagai penyerbuk (pollinator) untuk menjaga keragaman tumbuhan. Keberadaan kupu-kupu sebagai serangga penyerbuk dapat membantu mempertahankan banyak spesies tumbuhan di habitatnya. Beberapa tumbuhan dan serangga mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Beberapa tumbuhan hanya dapat diserbuk oleh serangga tertentu. Namun demikian, dalam bidang pertanian, kupu-kupu juga dapat menjadi hama, terutama pada stadia larva.
Kupu-kupu juga berperan sebagai bio indikator lingkungan. Kupu-kupu dengan warna cerah mengindikasikan jika lingkungan tersebut asri, sedangkan kupu-kupu dengan warna gelap mengindikasikan jika lingkungan tersebut tercemar.

Habitat Kupu-Kupu Common Pierrot

Kupu-kupu ini ini umumnya ditemukan di vegetasi terbuka sampai ke perbukitan yang lebih rendah termasuk tanah terlantar, vegetasi pinggir jalan dan semak belukar. Di hutan, itu hanya muncul di bukaan yang cerah. Kupu-kupu ini juga dijumpai di sekitar tempat yang terdapat genangan air.

Cara Berkembang biak

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. kupu-kupu melewati daur hidup yang dikenal metamorfosis atau perubahan bentuk lengkap. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, ulat, kepompong, dan imago. 

Jenis Makanan Kupu-Kupu Common Pierrot

Pada dasarnya kupu-kupu hanya meminum nutrisi dari berbagai sumber. Kupu-kupu menggunakan organ yang mirip belalai  di mulutnya yang disebut degan proboscis untuk menghisap makanannya. Pakan kupu-kupu adalah sebuk sari dan nektar, buah busuk, kotoran hewan, mineral dan keringat.

Ulat dari Common Pierrot memakan tanaman Zizyphus jujuba, Ziziphus oenoplia, Gouania microcarpa, dan Ziziphus mauritiana.

Katagori

Kupu-kupu

Klasifikasi Ilmiah Kupu-kupu  Common Pierrot

Kerajaan : Animalia   
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Lepidoptera
Famili : Lycaenidae
Genus : Castalius
Spesies : Castalius Rosimon

Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover