-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Langka, Bunga bangkai mekar di Taman Kupu-kupu Sukardi

Friday, November 4, 2022


Bunga bangkai mekar di Desa Gintung Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang. Mekar sempurna Pada kamis 3 November 2022. Baunya menyengat dan mengundang penasaran warga sekitar.

Menurut Ahmad Yunus, Pengelola Taman Kupu-kupu Sukardi, tanaman ini ditanam bulan September tahun lalu. 

"Tanaman ini koleksi di Taman kupu-kupu Sukardi, dan mekar setelah 14 bulan. Nama ilmiahnya Amorphophallus paeoniifolius, bahasa sininya suweg."

Dari berbagai literatur disebut kalau Amorphophallus paeoniifolius adalah tanaman anggota genus Amorphophallus dan masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa (A. titanum) dan iles-iles (A. muelleri). Bunga tanaman ini adalah salah satu bunga paling bau di dunia. Bau busuk hanya bertahan beberapa jam setelah bunga mekar, tetapi membuat siapa pun enggan mendekatinya karena aromanya sangat mengganggu. Bau busuk tersebut membuat orang menjulukinya sebagai bunga bangkai.

"Baunya mirip bangkai tikus. Paling menyengat pas malam hari. Kayak berasap dan ada cairan di tongkol bunganya," ujar Yunus.

Langkanya bunga bangkai ini menarik minat warga untuk berkunjung. Tercatat rombongan  paud Mawar Gintung dan Paudqu Al Mukarromah Rajeg datang untuk melihat bunga bangkai tersebut.




Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover