Ekowisata Penangkaran Kupu-kupu

Saturday, April 2, 2022

Kupu - kupu Angled Castor(Ariadne ariadne)

Nama Hewan: Kupu - kupu Angled Castor
Nama ilmiah: Ariadne ariadne

Kupu-kupu Angled castor di bunga Lantana


Deskripsi Angled castor

Kupu - kupu angled castor berukuran kecil ini sering saya lihat terbang rendah di rerumputan.  Hinggap dengan membuka sayapnya lebar-lebar, sehingga tidak terlalu sulit untuk difoto.  Warnanya coklat dengan level warna coklat yang bergradasi dari individu ke individu lainnya, sehingga ada yang tampak coklat terang agak ke jingga, dan ada juga yang  coklat agak gelap.  Yang menarik dari kupu-kupu ini adalah corak sayapnya yang bergaris dan memiliki alur-alur yang sepintas mirip dengan  irisan melintang batang kayu, dimana kita bisa melihat adanya  garis-garis lingkaran tahun  yang berulang dari kecil, membesar dan membesar. 

Antena, kepala, toraks, dan perut ochraceous rufous. Jantan memiliki serangkaian sisik bersinar gelap (androkonia) pada vena subkostal, vena 6 dan 7 dan bercak di bagian bawah sayap depan menuju pangkal. Betina terlihat mirip tetapi sedikit lebih pucat dan tidak memiliki sisik androconial.

Ulatnya berduri dengan dua baris duri di atasnya. Duri yang lebih halus muncul di antara baris-baris ini. Seperangkat duri kecil yang tidak beraturan membentuk kelompok di ujungnya. Warnanya bervariasi, kadang-kadang hijau dengan garis coklat tua memanjang, atau coklat tua dengan garis punggung lebar terputus putih murni, tidak memanjang ke kedua ujungnya.

Kepompong berbentuk ramping, cangkang sayap agak melebar, tonjolan punggung dan dua titik kepala kecil: variabel warna: melekat erat pada ekor, sehingga jika permukaannya vertikal, kepompong menonjol secara horizontal.



Manfaat Kupu-kupu

Kupu-kupu mempunyai nilai yang penting dalam ekosistem hutan, yaitu sebagai penyerbuk (pollinator) untuk menjaga keragaman tumbuhan. Keberadaan kupu-kupu sebagai serangga penyerbuk dapat membantu mempertahankan banyak spesies tumbuhan di habitatnya. Beberapa tumbuhan dan serangga mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Beberapa tumbuhan hanya dapat diserbuk oleh serangga tertentu. Namun demikian, dalam bidang pertanian, kupu-kupu juga dapat menjadi hama, terutama pada stadia larva.

Kupu-kupu juga berperan sebagai bio indikator lingkungan. Kupu-kupu dengan warna cerah mengindikasikan jika lingkungan tersebut asri, sedangkan kupu-kupu dengan warna gelap mengindikasikan jika lingkungan tersebut tercemar.

Habitat Angled castor

Angled castor adalah spesies kupu-kupu dari keluarga Nymphalidae yang ditemukan di Asia.

Cara Berkembang biak

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. kupu-kupu melewati daur hidup yang dikenal metamorfosis atau perubahan bentuk lengkap. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, ulat, kepompong, dan imago. 

Jenis Makanan Angled castor

Pada dasarnya kupu-kupu hanya meminum nutrisi dari berbagai sumber. Kupu-kupu menggunakan organ yang mirip belalai  di mulutnya yang disebut degan proboscis untuk menghisap makanannya. Pakan kupu-kupu adalah sebuk sari dan nektar, buah busuk, kotoran hewan, mineral dan keringat.

Tanaman inang dari kupu-kupu Angled castor adalah jarak kepyar atau dalam bahasa Inggris disebut Castor (Ricinus communis). Jarak kepyar adalah inang yang paling utama dan memberi nama kupu-kupu ini, Castor. Tanaman inang lainnya termasuk Tragia cannabina, Tragia hispida, Tragia plukenetii dan Tragia involucrata.



Katagori

Kupu-kupu

Klasifikasi Ilmiah Angled castor

Kerajaan : Animalia   

Filum : Arthropoda

Kelas : Insecta

Ordo : Lepidoptera

Famili : Nymphalidae

Genus : Ariadne

Spesies : Ariadne ariadne.sp



Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer

Promo Khusus Sekolah

Postingan Terbaru

Mengenal Tanaman Jarak Kepyar (Ricinus communis L)

Nama Tanaman: Jarak Kepyar Nama Ilmiah: Ricinus communis L. Deskripsi Jarak Kepyar    Jarak Kepyar (Ricinus communis L.) merupakan tanaman p...

Postingan Menarik