BLANTERORBITv101

Tentang Kami


Kupu-kupu merupakan serangga yang memiliki keindahan warna dan bentuk sayap sehingga mudah dikenali oleh setiap orang. Seperti serangga lainnya, kupu-kupu juga mengalami metamorfosis. Indonesia memiliki keragaman kupu-kupu yang berlimpah. Diperkirakan 17.500 spesies kupu-kupu di dunia, tidak kurang dari 1.600 spesies  diantaranya terdapat di Indonesia.

Kupu-kupu dikenal sebagai hewan penyerbuk atau polinator, yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah (Wikipedia, 2010 a). Jika jenis kupu-kupu itu berperan sebagai penyerbuk tanaman buah atau tanaman potensial lainnya, dengan hilangnya kupu-kupu, akan berdampak negatif terhadap produksi tanaman. Keterkaitan kupu-kupu yang sangat erat dengan tanaman inangnya membuat usaha pelestarian habitat semakin diperlukan.

Untuk pengurangi penyusutan jumlah kupu-kupu di alam, perlu dibuatkan penangkarang kupu-kupu. Dari sisi edukasi, fasilitas penangkaran kupu-kupu sepertu taman kupu-kupu dapat digunakan sebagai tempat pengamatan dan penelitian untuk mengetahui lebih rinci mengenai daur hidup dan perikehidupan berbagai spesies kupu-kupu. Dari sisi konservasi, pengetahuan mengenai kupu-kupu ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup kupu-kupu.

Tujuan

1. Memperkenalkan dan menkonservasikan kupu-kupu kepada Masyarakat luas.

2. Sebagai destinasi ekowisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Meningkatkan pendapatan desa pada khususnya serta pendapatan Daerah dan masyarakat pada umumnya, perluasan kesempatan dan lapangan kerja, mendorong kegiatan industri penunjang pariwisata dan industri sampingan lainnya.