-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal Tanaman Pacar Air yang kaya Manfaat

Monday, August 15, 2022

Nama Tanaman: Pacar Air
Nama Ilmiah: Impatiens Balsamina L.


Deskripsi tanaman Pacar Air

Pacar air (bahasa Latin: Impatiens balsamina L.) adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara namun telah diperkenalkan ke Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. 

Secara Morfologi tanaman bunga Pacar Air mempunya akar atau perakaran yang serabut, yang menyebar di sekeliling tanaman dengan langsung menuju ke batang tanaman. Batang dari tanaman bunga pacar air mampu tumbuh setinggi 50-100 cm, mempunyai ciri batang yang tebal, tegak dan berair. Bentuk daun menyirip panjang dengan panjang 5-12 cm dengan urat daun yang lateral berjumlah 5-9 pasang, ditiap sisi pada daun tanaman ini bergerigi dan berujung runcing atau lancip dengan lebar daun 1-3 cm. dan berwarna hijau.  Tanaman ini mempunyai bunga tunggal dengan panjang tangkai pada bunga 1-2 cm, warna dari bunga ini bermacam-macam di antaranya berwarna putih, merah, merah jambu dan ungu tergantung jenisnya. Tanaman ini mempunyai buah berwarna hijau pada saat masih muda dan kuning jika sudah tua, bentuk dari buah tanaman ini seperti kapsul bulat lonjong dengan runcing/lancip pada ujungnya sedangkan biji dari tanaman ini berwarna hitam dan berbentuk bulat dengan ukuran sekitar kurang dari 1 mm.

Tanaman ini sangat disukai lebah dan serangga lain yang membantu penyerbukannya. Walaupun demikian, tanaman ini tidak dapat hidup di lingkungan yang kering. Cara mengembangbiakkan tumbuhan ini adalah dengan menyebar biji benihnya atau dengan cara meletupkan buahnya. 

Manfaat Pacar Air 

Biji pacar air rasanya pahit, pedas, sifatnya hangat, sedikit toksik. Biji berkhasiat untuk mengatasi terlambat haid, kesulitan melahirkan, rasa tersumbat di tenggorokan, bengkak akibat terbentur (memar), tumor perut, dan kanker saluran cerna bagian atas.

Bunganya digunakan untuk mengatasi terlambat haid, dan bengkak akibat terpukul (hematoma). Daunnya digunakan untuk mengatasi keputihan (leukorea), dan nyeri haid.

Akar digunakan untuk mengatasi rematik, leher kaku, sakit pinggang, terlambat haid, serta tertusuk tulang dan benda asing di kerongkongan.

Selain itu, air rebusan daun bisa digunakan untuk mencuci luka dan merangsang pertumbuhan rambut.

Habitat Pacar Air 

Tanaman pacar air berasal dari India. Di Indonesia tanaman ini ditanam sebagai tanaman hias dan kadang-kadang ditemukan tumbuh liar. Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Habitatnya pada daerah tropis namun tidak dapat hidup pada daerah yang kering. 

Syarat tumbuh Pacar Air

Syarat  tumbuhnya tanaman pacar air yaitu : Curah hujan yang baik sekitar 400-1.000 mm. Suhu yang baik untuk tanaman bunga pacar air adalah sekitar 20 -30 derajat Celcius. Media tanah untuk menanam bunga pacar air tidak terlalu sulit, yang penting cukup unsur hara.

Fungsi

Tanaman Nektar

Katagori

Annual dan Bieneal

Klasifikasi Ilmiah Pacar Air

Kerajaan : Plantae

Divisi :  Magnoliophyta        

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Ericales     

Famili : Balsaminaceae

Genus :  Impatiens

Spesies : Impatiens Balsamina L




Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover