Ekowisata Penangkaran Kupu-kupu

Sunday, February 27, 2022

Ganyong, si tanaman pangan alternatif

Nama tanaman: Ganyong
Nama ilmiah : Canna edulis kerr


Deskripsi Ganyong

Ganyong merupakan tanaman yang dapat dimakan. Bentuk tanaman ganyong adalah berumpun dan merupakan tanaman herba, semua bagian vegetatif yaitu batang, daun serta kelopak bunganya sedikit berlilin. Tanaman ini tetap hijau disepanjang hidupnya, di akhir hidupnya, dimana umbi telah cukup dewasa, daun dan batang mulai mengering. Keadaan seperti ini seakan-akan menunjukkan bahwa tanaman mati, padahal tidak. Karena bila hujan tiba maka rimpang atau umbi akan bertunas dan membentuk tanaman lagi. Tinggi tanaman ganyong antara 0.9 – 1,8 meter dan batang dapat mencapai 3 meter.

Di Indonesia,  Umbi ganyong diketahui dapat menjadi sumber pangan alternatif karena kandungan pati (karbohidrat) yang tinggi. Ganying juga kaya dengan protein, kalori, lemak, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalsium dan zat besi.  Umbi ini juga diketahui mengandung sejumlah senyawa penting seperti flavanoida, saponin dan polifenol. Dengan banyaknya kandungan nutrisi membuat umbi ini tak sekedar mengenyangkan perut.

Manfaat Ganyong

1. Baik Untuk Pencernaan dan Usus

2. Mengatasi Panas Dalam

3. Menguatkan Tulang

4. Baik untuk Penderita Diabetes

5. Mengatasi Radang Saluran Kencing

Habitat Ganyong

Tanaman ganyong dapat dengan mudah kita temui di Indonesia sebab tanaman ini tergolong ke dalam jenis tanaman tropis. Di daerah yang memiliki suhu udara sianghari yang tinggi dan suhu udara pada malam hari yang rendah pun, tanaman ganyong juga mampu hidup dan berkembang biak dengan baik. 

Syarat hidup ganyong

Meskipun tanaman ganyong tergolong toleran terhadap suhu, tetapi pada umumnya tanaman ini baru dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 2500 meter di atas permukaan laut. Curah hujan menjadi Syarat Tumbuh Tanaman Ganyong untuk menunjang kehidupan tanaman. Tanaman ganyong membutuhkan curah hujan yang sedang saja, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Fungsi

Pendukung

Katagori

Parennial

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Zingiberales

Famili: Cannaceae

Genus: Canna

Spesies: Canna edulis kerr

Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer

Promo Khusus Sekolah

Postingan Terbaru

Mengenal Tanaman Jarak Kepyar (Ricinus communis L)

Nama Tanaman: Jarak Kepyar Nama Ilmiah: Ricinus communis L. Deskripsi Jarak Kepyar    Jarak Kepyar (Ricinus communis L.) merupakan tanaman p...

Postingan Menarik