https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Talas Beneng, Talas khas Banten

Sabtu, 11 September 2021

Nama Tanaman: Talas Beneng

Nama Ilmiah: Xanthosoma undipes K.Koch




Deskripsi Talas Beneng

Talas Beneng yang memiliki nama ilmiah Xanthosoma undipes k.koch, merupakan tanaman asal Pandeglang Banten. Talas Beneng (Beneur dan Koneng) asalnya dari Gunung Karang – Pandeglang. Awalnya, Talas Beneng berupa tanaman liar yang dimanfaatkan masyarakat jaman dulu ketika masa paceklik tiba. Bagi masyarakat di Pandeglang, talas beneng biasanya diolah menjadi beragam makanan dengan cara pengolahan menjadi beragam varian makanan seperti brownies, bakpao dan kue kering melalui cara memasak yang masih konvensional (dikukus dan digoreng). Di beberapa tempat, talas sebelum dikeringkan terlebih dahulu dilarutkan di air garam untuk menurunkan kadar oksalat.

Talas beneng merupakan singkatan dari besar dan koneng (kuning dalam bahasa Indonesia). Hal tersebut terlihat dari ukurannya yang di atas rata-rata talas pada umumnya, yaitu 120 cm, bobot 42 kg dan ukuran lingkar luar batang mencapai 50 cm. Talas beneng memiliki batang yang besar dan panjang serta pada bagian akarnya terdapat umbi-umbi kecil (kimpul) yang bergerombol. Selain kimpul, bagian utama yang dapat dimakan adalah batang.

Manfaat Talas Beneng

  1. Sumber pangan lokal 
  2. Digunakan sebagai bahan baku kosmetik
  3. Daun talas beneng digunakan sebagai pengganti tembakau untuk rokok

Habitat Talas Beneng

Tanaman Talas beneng memiliki karakteristik yang berbeda dengan talas dari daerah lainnya. Talas ini tumbuh liar di lereng gunung. Talas Beneng cenderung optimal pertumbuhannya di bawah naungan.

Syarat Tumbuh 

Talas Beneng mudah tumbuh baik pada berbagai jenis tanah, lebih optimal pada tanah berpasir seperti alluvial. Tanah memiliki pH tanah 5.5-6.5. Talas beneng dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi, dengan ketinggian optimal 250-1300 m dpl. Curah hujan 1.000 mm per tahun.  Suhu optimal adalah 21-27 derajat celcius. Dan intensitas cahaya terbuka sampai ternaungi 60%.

Fungsi

Pendukung

Katagori

Parennial

Klasifikasi Ilmiah Talas Beneng

Kerajaan : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Monocotyledonae
Ordo : Arales
Famili : Araceae
Genus : Xanthosoma
Spesies : Xanthosoma undipes K.Koch


Author

Admin NUS