https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman pandan wangi, si penambah aroma makanan

Jumat, 20 Agustus 2021

Nama Tanaman: Pandan wangi

Nama Ilmiah: Pandanus amaryllifolius





Deskripsi Pandan wangi

Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daun tanaman yang memiliki nama ilmiah Pandanus amaryllifolius ini, merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Pandan merupakan segolongan tumbuhan monokotil dari genus Pandanus. Sebagian besar anggotanya merupakan tumbuh di pantai-pantai daerah tropika. Anggota tumbuhan ini dicirikan dengan daun yang memanjang (seperti daun palem atau rumput), seringkali tepinya bergerigi. Akarnya besar dan memiliki akar tunjang yang menopang tumbuhan ini. Buah pandan tersusun dalam karangan berbentuk membulat, seperti buah durian. Ukuran tumbuhan ini bervariasi, mulai dari 50cm hingga 5 meter, bahkan di Papua banyak pandan hingga ketinggian 15 meter. Daunnya selalu hijau (hijau abadi, evergreen), sehingga beberapa di antaranya dijadikan tanaman hias.

Manfaat Pandan wangi 

Berikut ini sembilan manfaat daun pandan:

1. Meredakan Demam
Orang yang demam biasanya akan suka mengonsumsi minuman hangat. Kalau bosan dengan teh atau air jahe, Anda bisa coba air rebusan pandan.

2. Mengurangi Rasa Nyeri
Bila Anda ingin mengurangi rasa nyeri di kepala atau persendian, minum air rebusan pandan dipercaya mampu mengatasi rasa sakitnya.

3. Menormalkan Tekanan Darah
Anda mengalami sakit kepala akibat tekanan darah tinggi? Rebus saja daun pandan hingga airnya jadi agak sedikit. Selain minum obat yang dianjurkan dokter, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun pandan untuk membantu memelihara kondisi tekanan darah.

4. Mengatasi Kram Perut
Daripada Anda percaya bahwa kram perut, terutama saat haid, dapat diatasi dengan minum minuman bersoda, lebih baik buat teh daun pandan. Air rebusan pandan yang diminum hangat dapat membuat kondisi perut lebih baik.

5. Mendetoksifikasi Tubuh
Meminum air rebusan pandan bisa melindungi organ-organ tubuh, terutama hati dari unsur-unsur perusak (radikal bebas).

6. Membantu Mengatasi Insomnia
Minum minuman hangat di malam hari bisa membuat tubuh lebih relaks dan jadi mudah terlelap. Air rebusan daun pandan bisa jadi opsi buat Anda yang tak terlalu suka minum susu hangat karena mungkin terlalu mengenyangkan.

Hirup aromanya, lalu seruput teh pandan secara perlahan. Pasti Anda jadi jauh lebih tenang dan gejala insomnia dapat diringankan.

7. Meningkatkan Nafsu Makan
Buat Anda yang ingin mengembalikan nafsu makan karena habis sakit dan ingin berat badan jadi lebih ideal, bisa minum air rebusan pandan. Secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak karena justru bisa membuat kembung.

8. Meredakan Sakit Rematik
Beberapa orang ada yang mengoleskan krim tertentu saat rematik kambuh. Bila Anda ingin coba yang alami, beberapa lembar daun pandan yang dimasukkan ke dalam rebusan minyak kelapa juga bisa dioleskan di bagian yang sakit. Jangan lupa didinginkan terlebih dulu, ya!

9. Menurunkan Risiko Kanker
Dalam pengobatan tradisional, daun pandan memang dipakai untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Habitat Pandan wangi 

Tanaman pandan wangi banyak ditanam di halaman, di kebun, di pekarangan rumah maupun tumbuh secara liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Tumbuhan ini akan tumbuh subur bila ditanam di tepi sungai, rawa dan di tempat-tempat yang agak lembab. Tetapi hendaknya tidak ditanam di dataran yang ketinggiannya melebihi 500 mdpl.

Syarat  Tumbuh

Tanaman pandan wangi dapat dengan mudah dijumpai di daerah tropis. Tanaman daun pandan biasa tumbuh di tempat yang agak lembap sehingga tanaman daun pandan harus ditanam di tempat dengan kelembapan tinggi dan berdekatan dengan air. Tanaman pandan tak bisa diletakkan langsung di bawah cahaya matahari sehingga lebih baik ditempatkan di tempat yang teduh. Tanaman pandan juga tak bisa tumbuh pada suhu yang rendah dibawah 10ºC.

Fungsi

Pendukung

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah Pandan wangi

Kerajaan : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Monocotyledoneae
Ordo: Pandanales
Famili: Pandanaceae
Genus: Pandanus
Spesies: Pandanus amaryllifolius


Author

Admin NUS