https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman Lengkuas (Alpinia galangal)

Jumat, 13 Agustus 2021

Nama Tanaman: Lengkuas

Nama Ilmiah: Zingiber officinale




Deskripsi Lengkuas

Tanaman Lengkuas atau disebut juga dengan nama laos  merupakan herba menahun yang ditanam untuk diambil rimpangnya. Selain sebagai bahan bumbu dapur, Lengkuas dikenal sebagai tanaman obat dan digunakan untuk mengobati penyakit kulit (panu, kurap), sakit kepala, dan nyeri dada.
Tanaman lengkuas memiliki rasa yang gurih dan manis namun sedikit sengak serta memiliki aroma yang khas. Biasanya lengkuas digunakan di Indonesia pada kuliner makanan yang berciri khas kaya akan rempah dan rasanya gurih seperti rending, sayur asem, balado dan lain sebagainya.
Tanaman lengkuas batangnya tumbuh dengan tegak serta tersusun dari beberapa pelepah daun yang bersatu membentuk batang semu yang memiliki warna hijau agak keputih-putihan. Biasanya pohon lengkuas berwarna putih memiliki ukuran yang lebih tinggi, dimana ketinggiannya dapat mencapai sekitar 3 meter sedangkan yang berwarna merah biasanya hanya mencapai 1 – 1,5 meter. Daun
Tanaman lengkuas memiliki daun tunggal berwarna hijau dan bertangkai pendek serta tersusun secara berseling. Bentuk daunnya seperti lanset memanjang dengan ujung agak runcing dan bagian pangkalnya tumpul serta bagian tepi daunnya cukup rata. Bunga pada tanaman lengkuas merupakan Bunga majemuk yang memiliki bentuk seperti lonceng dan memiliki bau yang harum dan memiliki warna putih kehijauan hingga putih kekuningan. Buah pada tanaman lengkuas merupakan buah buni yang memiliki bentuk bulat dan agak keras. Ketika buah masih muda memiliki warna hijau kekuning-kuningan, namun ketika sudah berusia tua akan memiliki warna hitam kecoklatan dengan ukuran diameter sekitar 1 cm. Tanaman lengkuas memiliki rimpang yang cukup besar dan tebal serta memiliki daging dengan bentuk silindris dengan diameter sekitar 2 – 4 cm serta memiliki cabang-cabang. Bagian luar rimpang memiliki warna coklat kemerahan dan kuning kehijauan dan memiliki sisik berwarna putih atau kemerahan dan terlihat keras dan mengkilap.

Manfaat Lengkuas 

  1. Anti rematik, pegal linu (rimpang)
  2. Masuk angin (rimpang) 
  3. Mengobati radang lambung (rimpang)
  4. Radang anak telinga (air perasan)
  5. Batuk rejan (rimpang)

Habitat Lengkuas 

Tanaman Lengkuas tumbuh liar di kebun dibawah tajuk-tajuk kanopi tanaman Kopi dan tumbuhan kebun lainnya. Lengkuas ditanam di pinggir kebun sebagai pembatas. Tanaman lengkuas menyukai tekstur tanah berliat dengan tingkat drainase baik. Tanah berjenis latosol, andosol, dan aluvial sangat tepat untuk menanamnya.

Syarat Tumbuh 

Tanaman lengkuas bisa tumbuh di daerh tropis dengan curah hujan mencapai 1500 sampi 4000 mm setiap tahunnya. Lengkuas dapat hidup pada wilayah yang memiliki suhu udara diantara 25’ Celcius sampai 29’ Celcius. Lengkuas  dapat ditanam di daerah dengan ketinggian 1.200 meter dpl, namun biasanya lengkuas banyak ditanam di daerah dataran rendah hingga dataran sedang.

Fungsi

Pendukung

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah Lengkuas

Kerajaan : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas     : Monocotyledoneae
Ordo      : Zingiberales
Famili    : Zingibeaceae
Genus    : Alpinia
 Spesies  : Alpinia galangal (L)


Author

Admin NUS