https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman Jahe Merah (Zingiber officinale)

Selasa, 13 Juli 2021

Nama Tanaman: Jahe Merah

Nama Ilmiah: Zingiber officinale





Deskripsi Jahe Merah 

Tanaman Jahe merupakan herba menahun yang ditanam untuk diambil rimpangnya. Di Indonesia, petani mengenal tiga jenis jahe, yaitu jahe emprit (jahe putih/kuning kecil), jahe merah dan jahe gajah (Jahe putih/kuning besar). Ketiga jenis tersebut mudah dikenali dan dibedakan secara morfologi karena penampakan rimpangnya. Jahe emprit mempunyai rimpang yang kecil, sementara jahe gajah mempunyai rimpang yang relatif besar. Jahe merah mudah dikenal karena rimpangnya berwarna merah.
Daun jahe berwarna hijau dan termasuk daun tunggal. Ujung  daun jahe runcing, pangkal daun tumpul, dan tepinya rata sedangkan permukaan daunnya halus dan licin. Batang tanaman jahe berwarna hijau, tidak berkayu dan berair. Merupakan batang semu yang tumbuh tegak lurus. Batang tanaman ini mempunyai  modifikasi batang berupa rimpang yang tertanam dalam tanah. Pada bagian pucuk rimpang tanaman terdapat kuncup dan tunas-tunas tanaman. Rimpang adalah organ tumbuhan yang berfungsi dalam perbanyakan vegetatif tanaman. Akar pada jahe merupakan akar serabut yang tumbuh pada rimpang. Bunga  pada jahe berupa malai tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur. Bunga termasuk dalam bunga majemuk tunggal.

Manfaat Jahe Merah 

  1. Sakit kepala karena dingin: Diparut untuk diborehkan pada tengkuk.
  2. Perut mulas: 3 rimpang jahe merah dicuci, diparut dan diperas air perasan kasih garam sedikit diminum 3 kali sehari 1 sendok teh.
  3. Air liur terlalu banyak: Mengunyahdaun muda. 
  4. Urat syaraf lemah: Air jahe, kuning telur, madu, air jeruk nipis dicampur lalu minum.
  5. Luka-luka berbau busuk: Kompres parutan jahe dengan garam
  6. Terkilir: Diurut parutan jahe dengan garam

Habitat Jahe Merah 

Tanaman jahe termasuk tumbuhan liar di ladang-ladang yang mempunyai kadar tanah agak basah (lembab) dan banyak memperoleh sinar matahari.

Syarat Tumbuh 

Jahe dapat tumbuh pada ketinggian 600 sampai 1600 m dari permukaan laut. Jahe akan tumbuh pada kondisi suhu lingkungan 23-36 C dengan kelembaban yang cukup. Jahe dapat tumbuh dengan bagus di bawah naungan pohon pokok, sehingga memungkinkan jahe ditanaman sebagai tanaman sela. Namun demikian, paparan sinar matahari harus cukup dan tidak boleh terlalu gelap karena akan membatasi pertumbuhan jahe. Tanah yang terlalu basah dengan aerasi yang buruk akan menyebabkan rimpang jahe busuk.

Fungsi

Pendukung

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah Salam

Kerajaan : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas     : Monocotyledoneae
Ordo      : Zingiberales
Famili    : Zingibeaceae
Genus    : Zingiber
Spesies  : Zingiber officinale


Author

Admin NUS