https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

4 Teknik Pembibitan Tanaman di Taman Kupu-kupu Sukardi

Sabtu, 24 Juli 2021
Ada berbagai teknik pembibitan yang biasa dilakukan pada tanaman. Mulai dari cara generatif sampai cara vegetatif buatan Berikut ini adalah teknik pembibitan yang dilakukan di taman kupu-kupu Sukardi :

1. Teknik Biji

Bunga turi sprout dari biji


Pembibitan tanaman dengan cara menebar biji atau benih tanaman pada media semai. Teknik pembibitan dengan cara menanam biji ini lebih banyak dilakukan pada tanaman Semusim (annual) seperti Kembang Kertas (zinnia elegans), kenikir sayur. Serta pohon menahun (perrenial) seperti pohon Turi merah, jarak botol, bunga telang, dll. 

2. Teknik Stek

Stek adalah Perbanyakan tanaman dengan cara menanam atau menumbuhkan salah satu bagian dari tanaman. Bagian yang dapat di tumbuhkan untuk perbanyakan tanaman antara lain batang, akar, dan daun. Stek lebih banyak dipilih karena bahan yang dibuat untuk membuatnya hanya sedikit dan dapat diperoleh jumlah bibit dalam jumlah yang banyak. Tanaman yang dihasilkan dalam stek biasanya memiliki persamaan dalam umur, tinggi, dan ketahanan terhadap penyakit. Selain itu kita juga bisa memperoleh tanaman yang sempurna dalam waktu yang relatif singkat.

Kelemahan Teknik Stek antara lain: Lebih Rumit dibandingkan dengan biji, Harus memiliki Pohon Induk, Lebih mahal dibandingkan biji, dan Perakaran lebih lemah dibandingkan biji.

Adapun Jenis tanaman yang bisa di stek adalah semua tanaman dikotil, hal itu dikarenakan pada tumbuhan dikotil memiliki kambium. Namun keberhasilan dari teknik perbanyakan ini tergantung pada bagaimana cara penyetekan yang dilakukan. Stek dapat dibedakan menjadi stek batang, Stek akar, dan daun.

Di taman kupu-kupu Sukardi pembibitan dengan cara stek lebih banyak menggunakan teknik stek batang. Biasanya batang ini langsung ditancapkan ke media tanam. Jenis tanaman yang berhasil disetek menggunakan stek batang adalah singkong, bougenville, Melati Jepang, handeuleum, katuk, bunga Pagoda, jarak pagar, dll.

Selain dengan cara ditancapkan pada media tanam kami juga menggunakan cara stek batang dengan direndam ke dalam air. Untuk teknik ini yang berhasil di perbanyakan adalah kumis kucing dan ruellia ungu.



3. Teknik Tunas

Tunas Jahe Merah


Tunas adalah teknik perbanyakan vegetatif yang dilakukan secara alami yang dimiliki pada tanaman tertentu untuk berkembang biak melalui anakan atau tunasnya. Perbanyakan ini prosesnya tidak bisa dikendalikan manusia sepenuhnya. Tunas yang nantinya akan diambil tumbuh dengan sendirinya dari tanaman atau pohon yang sudah tua. Setelah tunas tumbuh besar, dapat dipindahkan ke tempat lain untuk menghindari kepadatan populasi pada areal tersebut. Salah satu contoh tanaman yang mampu memiliki tunas adalah pisang- pisangan, bunga tasbih, Lengkuas, jahe, lidah buaya, dll.

4. Teknik Merunduk

Merunduk salah satu teknik memperbanyak tanaman dengan membengkokan cabang atau ranting ke dalam tanah dan ditimbun dengan tanah. Ujung tanaman tetap tersembul ke permukaan tanah. Batang yang digunakan harus berupa batang yang dewasa.

Untuk cara merunduk tumbuhan harus memiliki cabang atau ranting yang panjang dan lentur. Tanaman yang bisa digunakan untuk cara merunduk seperti sirih-sirihan dan kumis kucing.



Demikian empat teknik pembibitan yang sudah digunakan di taman kupu-kupu Sukardi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Salam Lestari

Author

Admin NUS