-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Laba-laba si predator kupu-kupu

Saturday, March 20, 2021

Nama Hewan: Laba-Laba

Nama Ilmiah: Araneus sp





Deskripsi Laba-Laba

Laba-laba adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam ordo Araneae. Tak seperti serangga yang memiliki tiga bagian tubuh, laba-laba hanya memiliki dua. Segmen bagian depan disebut cephalothorax atau prosoma, yang sebetulnya merupakan gabungan dari kepala dan dada (toraks). Sedangkan segmen bagian belakang disebut abdomen (perut) atau opisthosoma. Antara cephalothorax dan abdomen terdapat penghubung tipis yang dinamai pedicle atau pedicellus.

Pada cephalothorax melekat empat pasang kaki, dan satu sampai empat pasang mata. Selain sepasang rahang bertaring besar (disebut chelicera), terdapat pula sepasang atau beberapa alat bantu mulut serupa tangan yang disebut pedipalpus. Pada beberapa jenis laba-laba, pedipalpus pada hewan jantan dewasa membesar dan berubah fungsi sebagai alat bantu dalam perkawinan.

Laba-laba memiliki benang sutra yang tipis terbuat dari helaian serat protein yang tipis dan sangat kuat. Jaring laba-laba berfungsi untuk membuat jaring sebagai perangkap mangsa, memudahkan berpindah daritempat ketempat lainnya, membuat kantung telur, dan melindungi lubang sarang.

Manfaat Laba-Laba

Sutra laba-laba sering dimanfaatkan untuk keperluan medis dan industry. Dalam dunia medis, sutra laba-laba biasanya digunakan untuk menjahit mata. Sedangkan dalam dunia industri, sutra laba-laba dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan rompi anti-peluru dan airbag.

Manfaat lain  Laba-laba bagi lingkungan hidup adalah sebagai karnivora pemakan serangga dalam rantai makanan. Laba-laba membantu membasmi serangga pembawa penyakit seperti kecoak, nyamuk dan lalat, yang mereka jadikan sebagai mangsa.

Habitat Laba-Laba

Laba-laba dapat hidup dan ditemukan diseluruh dunia kecuali di Antartika. Laba-laba juga dapat hidup disemua hibitat perkecualian kolonisasi di udara dan laut.

Cara Berkembang biak Laba-Laba

Laba-laba berkembang biak dengan cara bertelur. Supaya telurnya tidak dimangsa hewan lain, induk laba-laba akan memasukkan telurnya ke dalam sebuah kantung. Kantung itu terbuat dari bahan yang mirip dengan jaring laba-laba. Namun, tekstur kantungnya mirip seperti kertas. Kantung tersebut biasanya berisi banyak telur. Warna kantungnya biasanya buram, jadi tidak mudah terlihat. Jika telurnya menetas, kantung akan terbuka dan anak laba-laba akan beterbangan mengikuti arah angin.

Jenis Makanan Laba-Laba

Laba-laba memangsa serangga dan hewan-hewan kecil lainnya atau disebut juga jenis karnivora. Laba-laba juga terkadang bersifat kanibal jika tidak menemukan mangsa lainnya. Mangsa utama laba-laba adalah serangga. Laba-laba memiliki bisa yang berfungsi untuk melumpuhkan mangsanya. Bisa tersebut disuntikan kedalam tubuh mangsanya dengan ke dua taringya.

Hewan berkaki delapan ini memakan mangsanya dengan cara menghisap cairan dalam tubuh dengan dibantu berupa alat penghisap karena laba-laba tidak memiliki gigi dan mulut.

Katagori

Hewan Predator

Klasifikasi Ilmiah Laba-Laba

Kerajaan: Animalia

Filum: Arthropoda

Kelas: Arachnida

Ordo: Araneae

Famili: Araneidae

Genus: Araneus

Spesies: Araneus sp


Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover