https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Tembelekan (Lantana camara L)

Jumat, 19 Februari 2021

Nama Tanaman: Tembelekan
Nama Ilmiah: Lantana camara L




Deskripsi Tembelekan

Tembelekan, tanaman dengan nama ilmiah Lantana camara adalah semak abadi kecil yang bisa tumbuh setinggi sekitar 2 m dan membentuk semak lebat di berbagai lingkungan.  Karena pembiakan selektif ekstensif sepanjang abad ke-17 dan ke-18 untuk digunakan sebagai tanaman hias, sekarang ada banyak kultivar lantana  camara yang berbeda. Lantana  berasal daerah tropis di Amerika dan Afrika tetapi ada sebagai spesies pendatang di banyak daerah, terutama di wilayah Australia - Pasifik , bagian Selatan dan Timur Laut India. Di Indonesia, bunga lantana diebut juga dengan nama Tahi ayam, saliara dan tembelekan.

Tembelekan memiliki bunga berbentuk tabung kecil , yang masing-masing memiliki empat kelopak dan tersusun berkelompok di daerah terminal batang . Bunga datang dalam berbagai warna, termasuk merah, kuning, putih, merah jambu dan oranye, yang berbeda tergantung pada lokasi perbungaan, usia, dan kedewasaan. Cabangnya memiliki banyak, ranting yang berbentuk segi empat, ada varient yang berduri serta ada yang tidak berduri tinggi 2 m. memiliki bau yang khas. Daunnya tunggal, berbentuk bulat telur, ujung meruncing, bergerigi, permukaan atas berambut banyak dan terasa kasar saat diraba

Manfaat Tembelekan

  1. Mengobati  pegal linu
  2. Mengobati lemar
  3. Meng0bati nyeri pinggang 
  4. Mengobati nyeri karena rematik
  5. Mengobati TBC
  6. Insektida alami

Habitat

Tumbuhan Tembelekan (Lantana camara L.) merupakan tumbuhan yang biasanya tumbuh liar , dapat juga sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Tumbuhan ini tersebar di daerah tropis. Tempat hidup tanaman ini dapat ditemukan di tempat terbuka yang langsung terkena sinar matahari.

Syarat tumbuh

Lantana camara dapat bertahan hidup dalam berbagai kondisi iklim, termasuk kekeringan , jenis tanah yang berbeda, panas, kelembaban, dan garam. Ia juga relatif tahan api dan dapat dengan cepat berkembang di area hutan yang baru saja terbakar. Tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 m dpl.

Fungsi

Nektar   

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Tembelekan

Kerajaan: Plantae
Divisi:  Tracheophytes
Kelas:  Asterids
Ordo: Lamiales
Famili:  verbenaceae
Genus:  lantana 
Spesies: lantana camara L


Author

Admin NUS