https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Tapak Dara (Catharanthus roseus)

Selasa, 23 Februari 2021

Nama Tanaman: Tapak Dara 
Nama Ilmiah: Catharanthus roseus


Deskripsi Tapak Dara

Bunga Tapak Dara atau dipasaran disebut juga vinca memiliki nama latin Catharanthus roseus. Bunga tapak dara memiliki banyak sebutan di Indonesia, seperti Kembang Tembaga di sunda, Sindapor di daerah Sulawesi, serta sebutan yang paling umum adalah Kembang Tapak Dara. Bunga Tapak Dara sering dijadikan tanaman hias baik tumbuh langsung di tanah maupun dengan cara digantung. Bunga ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, selain itu cara menanam bunga tapak dara sangat mudah sehingga cukup diminati di masyarakat.
Tapak dara adalah perdu tahunan yang berasal dari Madagaskar, tetapi telah menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya.  Habitus perdu tumbuh menyamping, Tinggi tanaman bisa mencapai 0,2-1 meter. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun sekitar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, dan tangkai daunnya sangat pendek. Batang dan daunnya mengandung lateks berwarna putih.

Manfaat Tapak Dara

1. Mengobati sakit gigi karena berlubang 
2. Radang tenggorokan 
3. Mengatasi gusi bengkak
4. Membersihkan mata 
5. Menghiangkan gatal
6. Menghilangkan kutap kaki 

Habitat Tapak Dara

Tumbuh baik mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini menyukai tempat-tempat yang terbuka, tetapi tak menutup kemungkinan bisa tumbuh di tempat yang agak terlindung pula.

Syarat Iklim  

Tanaman tapak dara sangat cocok ditanam pada wilayah yang memiliki iklim tropis dan subtropis, tanaman tapak dara membutuhkan sinar matahari langsung yang cukup setiap harinya. Selain itu tanaman tapak dara juga membutuhkan ketersediaan air yang banyak agar bisa berkembang dengan baik. Tanaman ini membutuhkan suhu rata-rata antara 18˚C sampai 20˚C pada malam hari dan 24˚ hingga 30˚ pada siang hari. Tanaman tapak dara sangat menyukai lahan berpasir.

Fungsi

Nektar  

Katagori

Paraneal

Klasifikasi Ilmiah Tapak Dara

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnolipsida
Ordo : Gentianales 
Famili : Apocynaceae
Genus : Catharanthus
Spesies : Catharanthus Roseus


Author

Admin NUS