https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Soka (Ixora sp)

Senin, 22 Februari 2021

Nama Tanaman: Soka
Nama Ilmiah: Ixora sp



Deskripsi Soka

Soka (Ixora Sp) merupakan tanaman bunga yang terdapat pada Pulau Jawa. Bunga ini banyak ditemukan di pemukiman warga. Bunga ini adalah adalah salah satu anggota dari suku ''Rubiaceae''. Tanaman soka jawa sering digunakan sebagai tanaman penghias tanaman dan sebagai tanaman pagar yang dapat dibentuk. Tumbuhan ini memiliki bunga yang hampir selalu mekar sehingga cocok untuk menghiasi taman supaya lebih berwarna. Bunga soka sangat disukai oleh kupu-kupu, termasuk kupu-kupu langka yang dilindungi seperti keluarga Kupu0kupu Raja (Troides sp).
Bunga soka memiliki sistem perakaran akar tunggang dan memiliki warna yang kecoklatan. Tanaman bunga soka memiliki batang yang berdiri tegak dengan pohon berkayu bulat, memiliki sistem percabangan simpodial, dimana batang tanaman asoka memiliki warna yang gelap. Daun dari soka merupakan daun yang tidak lengkap, karena hanya memiliki tangkai daun dan helai daun saja. Bentuk daun soka ini lonjong dan memiliki ukuran tidak terlalu besar, yaitu kurang lebih 25 cm dengan lebar 10 cm. Bunga soka memiliki bunga yang bersifat majemuk dan berkelamin dua serta bergerombol, memiliki kelopak bunga berbentuk seperti corong. Selain itu adanya kepala sari, menempel pada bagian mahkota bunga dan juga benang sari berjumlah 4.

Manfaat Soka

1. Meredakan stress dan menenangkan otot
2. Mengobati diare
3. Menambah nafsu makan
4. Menghentikan pendarahan
5. Mengatasi kram

Habitat

Tanaman soka ini berasal dari Jawa, akan tetapi banyak tumbuh subur di Indonesia, Thailand, Malaysia, Laos dan Vietnam, banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias ,termasuk ke dalam suku Fabaceae   dengan ketinggian tanaman mencapai 20 m, tidak menggugurkan daun dengan panjang daun antara 15 – 25 cm yang terdiri dari  3 – 6 pasang , bunga beraroma wangi  khususnya pada malam hari , berwarna oranye dan tumbuh subur di pinggiran sungai mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 900 m di atas permukaan laut.

Syarat Iklim

Bunga soka jawa hidup di daerah dengan iklim tropis. Tumbuhan ini membutuhkan pencahayaan yang cukup intensif dan pengairan yang cukup. Air yang digunakan untuk mengairi juga bukan sembarang air. Air untuk mengairi tanaman ini harus tanpa kadar kapur. Tanaman khas Jawa ini juga memerlukan kelembaban dengan kadar suhu kamar.

Fungsi

Nektar

Katagori

Paraneal 

Klasifikasi Ilmiah Soka

Kerajaan : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Kelas : Asterids
Ordo : Gentianales
Famili : Rubiaceae
Genus : Ixora
Spesies : Ixora sp


Author

Admin NUS