https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Sirsak madu (Annona Muricata L)

Senin, 22 Februari 2021

Nama Tanaman: Sirsak madu
Nama Ilmiah: Annona Muricata L



Deskripsi Sirsak madu

Tanaman sirsak (Annona Muricata L) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan lebih tepatnya daerah Amazon, Brazil.  Tanaman ini dibawa oleh orang Spanyol ke Filipina untuk membuktikan bahwa tanaman sirsak juga dapat tumbuh di negara tropis seperti Cambodia, China, India, Laos, Thailand, Vietnam termasuk Indonesia. Nama sirsak berasal dari bahasa belanda yaitu zuursak.
Sirsak merupakan tanaman dengan tinggi pohon sekitar 8 meter. Batang coklat berkayu, bulat, bercabang. Mempunyai daun bebentuk telur atau lanset, ujung runcing, tepi rata, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, panjang tangkai 5 mm, hijau kekuningan. Bunga terletak pada batang atau ranting, daun kelopak kecil, kuning keputi-putihan, benang sari banyak berambut. Buahnya bukanlah buah sejati, yang dinamakan ”buah” sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan berbiji hitam. Akar berwarna coklat muda, bulat dengan perakaran tunggang 
Daun Sirsak disukai oleh ulat Graphium agamemnon sebagai tanaman inang.

Manfaat Sirsak madu

1. Menjaga kestabilan gula darah
2. Mencegah Munculnya jerawat
3. Memperbaiki kesehatan tulang
4. Mencegah terbentuknya batu ginjal
5. Membantu mengatasi gangguan pencernaan
6. Memperbaiki fungsi penglihatan

Habitat 

Tanaman sirsak dapat tumbuh dengan baik di wilayah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Sirsak merupakan jenis tanaman buah yang mampu beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis media tanam. Kendati demikian, jenis tanah lempung berpasir yang gembur dan subur merupakan media tanam terbaik yang akan mendukung pertumbuhan tanaman sirsak.

Syarat Iklim

Tanaman sirsak memerlukan iklim tropis yang hangat dan lembab agar dapat tumbuh. Curah hujan yang diperlukan tanaman sirsak agar tumbuh berkisar antara 1500-2500 mm per tahun dengan suhu 22-28ºC. Pada keadaan yang sangat dingin, pembungaan tanaman sirsak akan terhambat sehingga pertumbuhannya pun akan lambat sedangkan saat musim kemarau, tanaman sirsak akan merontokkan daunnya agar dapat mengurangi penguapan. Sedangkan kelembapan udara yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan tanaman sirsak berkisar antara 60-80%.

Fungsi

Inang    

Katagori

Paraneal 

Klasifikasi Ilmiah Sirsak madu

Kerajaan : Plantae
Divisi : Angiospermae
Kelas : Magnoliids
Ordo : Magnoliales
Famili : Annonaceae
Genus : Annona 
Spesies : Annona  Murcata L


Author

Admin NUS