https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Selasa, 23 Februari 2021

Nama Tanaman: Tabebuya 
Nama Ilmiah: Handroanthus chrysotrichus



Deskripsi Tabebuya

Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus) adalah tumbuhan asli Brazil yang telah tersebar ke seluruh dunia, terutama di daerah beriklim tropis hingga subtropis. Pohon ini tumbuh di negara-negara Amerika, seperti Argentina, Meksiko, Bolivia, dan Suriname Selatan.

Pohon yang dikenal dengan bunganya yang indah ini bisa tumbuh hingga ketinggian 15 meter. Bunga Tabebuya umumnya berwarna putih, merah, merah muda, dan kuning dengan bentuk terompet sepanjang 5-8 cm ini yang bermekaran secara bergerombol. Di Taman kupu-kupu Sukardi terdapat tiga warna yaitu pink, ungu, dan kuning. 

Pohon tabebuya menghasilkan buah berbentuk tabung mengerucut dengan panjang 10-50 cm dengan jumlah biji yang banyak di setiap buahnya. Setiap biji memiliki sayap yang berfungsi membantu penyebaran tumbuhnya dengan bantuan angin saat buah terbelah.

Manfaat Tabebuya

1. Mengobati luka 

2. Mengobati flu

3. Mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan

4. Mengobsati malaria

5. Mengobati infeksi menular

6. Mengobati sipilis

Habitat 

Habitat asli pohon tabebuya adalah kawasan kering.

Syarat tumbuh

Pohon tabebuya dapat tumbuh dengan baik di wilayah tropis dan subtropics. Pada iklim ini, pohon tabebuya dapat beradaptasi dan biasanya mulai berbunga ketika memasuki musim kemarau dan berakhir menjelang musim dingin atau musim hujan. Meski kemampuan berahan hidupnya cukup tinggi dan mudah beradaptasi, pohon tabebuya memerlukan penyiraman secara rutin terutama pada musim kemarau.

Fungsi

Pendukung dan Nektar

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah Tabebuya

Kerajaan : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Kelas : Eudicots

Ordo : Lamiales 

Famili : Bignoniaceae

Genus : handroanthus

Spesies : handroanthus Chrysotrichus



Author

Admin NUS