https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal Pohon singkong (Manihot esculenta)

Kamis, 25 Februari 2021

Nama Tanaman: Pohon singkong

Nama Ilmiah: Manihot esculenta



Deskripsi Pohon singkong

Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot esculenta) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Dalam bahasa lokal, bahasa Jawa menyebutnya pohung, bahasa Sangihe bungkahe, bahasa Tolitoli dan Gorontalo kasubi, dan bahasa Sunda sampeu. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.
Pohon singkong dapat mencapai tinggi 7 meter, dengan cabang agak jarang. Tanaman singkong mempunyai daun yang berbentuk seperti 5 jari dan juga berbentuk lonjong yang mempunyai garis pada setiap daun dengan tepi yang terlihat rata. Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. 

Manfaat Pohon singkong

  1. Sumber Karbohidrat. 
  2. Daun dapat digunakan sebagai pakan ternak.
  3. Singkong merupakan sumber serat dan karbohidrat kompleks
  4. Singkong memiliki kandungan antioksidan yang baik

Habitat

Pohon singkong atau ketela pohon ini berasal dari daratan Amerika, lebih tepatnya dari negara Brazil. Pohon singkong bisa tumbuh di mana saja dengan perawatan yang cukup mudah.

Syarat tumbuh

Tanaman singkong membutuhkan cahaya matahari yang cukup dengan ketinggian tempat yaitu  0 sampai 800 m diatas permukaan laut serta tanah mempunyai drainase yang cukup baik. Tidak terdapat genangan air karena dapat menyebabkan umbi menjadi busuk. Tanah tidak terlalu padat dan keras, curah hujan yang ideal yaitu sekitar 760 sampai 2500 mm/th dengan bulan kering tidak lebih dari 6 bulan.

Fungsi

Pendukung

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah Pohon singkong

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Manihot
Spesies : Manihot esculenta


Author

Admin NUS