https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Pisang - Pisangan (Heliconia rostrata)

Minggu, 21 Februari 2021

Nama Tanaman: Pisang - Pisangan
Nama Ilmiah: Heliconia rostrata



Deskripsi Pisang - Pisangan

Heliconia rostrata (di sebut juga tanaman pisang pisangan) adalah herba abadi asli Peru, Bolivia, Kolombia, Venezuela, Kosta Rika, dan Ekuador, dan dinaturalisasi di Puerto Rico. Bunga pisang-pisangan adalah jenis tanaman hias khas tropis, sering disebut sebagai pisang hias, termasuk golongan Musaceae yang mirip dengan keluarga Strelitzia. Heliconia memiliki tiga buah atau
lebih seludang sedang Strelitzia hanya dua buah. Heliconia rostrata adalah bunga
pisang-pisangan yang bunganya merah dan kuning serta muncul menggantung seperti
buah pisang. Perbanyakan kedua jenis Heliconia ini cukup menggunakan anakan
(tunas).
Daun Heliconia berbentuk elips, permukaan daunnya licin, berwarna hijau hingga keungu-unguan. Ujung daun runcing dengan panjang  antara 30 - 120 cm, sedangkan lebarnya 15 - 25 cm. Daun memiliki pelepah yang saling bertumpuk membentuk batang semu. Batangnya merupakan batang semu dengan ketinggian antara 0,5 - 4 cm dan diameter antara 1,5 - 4 cm. Batang tumbuh di permukaan tanah dengan sistem perakaran serabut. Heliconia memiliki Braktea, yaitu daun yang tumbuh di bawah tangkai bunga pada tanaman. Bunga heliconia merupakan rangkaian braktea yang tersusun menggantung atau tegak. Bunga muncul di ujung atas batang, membentuk rangkaian yang terdiri atas 5 - 25 buah seludang yang mekar secara tidak bersamaan. 

Manfaat Pisang - Pisangan

1. Sebagai tanaman hias
2. Menyerap polutan
3. Obat sakit perut

Habitat

Heliconia dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut dengan suhu 13 – 30oC.

Syarat Iklim

Tanaman ini dapat hidup dengan mudah tumbuh di lahan pertanian, untuk produksi sebaiknya dipilih tanah yang gembur, subur, banyak mengandung humas, bahan organic dengan tata air udara yang baik. Curah hujan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman ini adalah lebih dari 3000 mm/tahun . dengan sinar matahari penuh tanpa ternaungi, keadaan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah panas sampai sedang. Tanaman ini juga bisa hidup di dataran tinggi maupun rendah.

Fungsi

Pendukung 

Katagori

Paraneal

Klasifikasi Ilmiah Pisang - Pisangan

Kerajaan : Plantae
Divisi : Tracheophytes
Kelas : Commelinids
Ordo : Zingiberales
Famili : Heliconiaceae
Genus : Heliconia
Spesies : Heliconia rostrate


Author

Admin NUS