https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Nona makan sirih (Clerodendrum thomsoniae)

Minggu, 21 Februari 2021

Nama Tanaman: Nona makan sirih 
Nama Ilmiah: Clerodendrum thomsoniae



Deskripsi Nona makan sirih 

Nona makan sirih (Clerodendrum thomsoniae) adalah sejenis tanaman hias merambat anggota suku Lamiaceae (dulu dimasukkan ke dalam Verbenaceae). Tumbuhan ini adalah liana lemah yang dapat mencapai panjang 4 meter. Asalnya dari Afrika barat tropis, terbentang dari Kamerun barat hingga Senegal, namun kini tersebar di seluruh penjuru dunia karena populer sebagai tanaman hias penaung. terbentang dari Kamerun barat hingga Senegal.
Bunga nona makan sirih secara morfologi masuk kedalam tanaman perdu memanjat atau merambat, tinggi 2-5 m. Bunga nona makan sirih ini memiliki ranting muda yang memiliki bentuk persegi empat. Daun tunggal, bertangkai, memiliki bentuk oval sampai memanjang 8–17 cm, ujung runcing, pinggir rata. Bunga keluar dari ujung ranting atau ketiak daun, tersusun sebagai cymosa, dengan 8-20 kuntum; kelopak bunga berwarna putih atau ungu pucat, mahkota bunga berwarna merah, panjang 2 cm. Buah bulat warnanya hijau dengan 2-4 biji, jika masak warnanya coklat hitam.

Manfaat Nona makan sirih 

1. Menurunkan panas
2. Mengatasi asma 
3. Mengatasi radang tenggorokan 
4. Obat luka bakar ringan 
5. Baik untuk pernafasan
6. Baik untuk mata 
7. Mengatasi radang kronis selaput gendang teling pada anak-anak

Habitat

Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias di halaman atau di taman-taman, dan dapat ditemukan sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan air laut.

Syarat Iklim

Nona makan sirih dapat ditanam di pot atau di tanah, menyukai lokasi yang sedikit terlindung atau terkena matahari penuh untuk berbunga bagus.

Fungsi

Nektar

Katagori

Paraneal

Klasifikasi Ilmiah Nona makan sirih 

Kerajaan : Plantae
Divisi : Tarcheophyta
Kelas : Magnolipsida
Ordo : lamiales 
Famili : Lamiaceae
Genus : Clerodendrum
Spesies : Clerodendrum thomsoniae 


Author

Admin NUS