https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Hujan Emas (Galphimia glauca)

Selasa, 16 Februari 2021

Nama Tanaman: Hujan Emas  

Nama Ilmiah: Galphimia glauca



Deskripsi Hujan Emas

Tanaman Hujan Emas, kadang disebut juga Hujan Mas memiliki nama ilmiah Galphimia glauca. Hujan mas adalah tanaman semak abadi asli Meksiko dan Amerika Tengah yang telah diperkenalkan di daerah tropis dan sub-tropis hangat untuk digunakan sebagai tanaman obat dan hias. Spesies ini telah lolos dari budidaya dan dapat dinaturalisasi . Pohon hujan emas tumbuh rendah dan membentuk semak, namun ia bisa terus tinggi mencapai 2-3 meter pada area tumbuh yang sesuai. Dinamakan hujan emas karena tanaman ini tumbuh seperti semak tetapi memiliki bunga berwarna kuning emas. Nama-nama sinonim pohon hujan emas di negara berbahasa Inggris termasuk Gold shower, Slender goldshower, dan Thryallis. Pohon hujan emas sendiri seringkali ditanam sebagai tanaman hias pekarangan dan tanaman pagar hidup.

Hujan mas merupakan tanaman Perdu yang berumur tahunan (pareneal) yang data tumbuh dengan tinggi 1,2 sampai 1,8 meter. Tanaman ini  Akarnya memiliki Sistem Tunggang. Batangnya berbentuk Bulat, Arah Tumbuh batangnya tegak, berwarna Coklat Kehitaman, dengan percabangan Simpodial. Daunnya sederhana, panjang, dan meruncing dibagian ujung. Tangkai daun dan bunganya kadang berwarna hijau kemerahan hingga merah pekat. Bunganya kecil, berwarna kuning, dan tumbuh menggerombol di ujung tangkai.

Manfaat Hujan Emas

1. Menyembuhkan perut kembung

2. Menyembuhkan bisul

3. Mempercepat persalinan

4. Menyembuhkan batuk 

Habitat

Hujan Emas tumbuh di hutan gugur, hutan pinus, hutan pinus-ek, padang rumput, lereng bergelombang, lereng bukit berbatu kering dan di sepanjang tepi jalan, pada ketinggian mulai dari 700 hingga 2300 m di atas permukaan laut.

Syarat Iklim

Tanaman Hujan Emas dapat hidup di iklim semi sampai hangat baik dataran rendah – maupun tinggi. Kebutuhan sinar matahari adalah full sun (penyinaran sepanjang hari). 

Fungsi

Nektar    

Katagori

Paraneal

Klasifikasi Ilmiah Hujan Emas

Kerajaan : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : MAlpighiales

Famili : Malpighiaceae

Genus :  Galphimia

Spesies : Galphimia glauca  



Author

Admin NUS