-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Kemuning (Murraya paniculata)

Thursday, February 18, 2021

Nama Tanaman: Kemuning 
Nama Ilmiah: Murraya paniculata




Deskripsi Kemuning

Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan yang berasal dari famili Rutaceae. Perdu yang masih bersaudara dengan daun kari alias salam koja.  Kemuning Merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari daratan India. Tanaman kemuning banyak dibudiayakan sebagai tanaman hias di pekarangan.
Secara morfologi, tanaman kemuning merupakan tanaman perdu menahun. Bagian daun tanaman kemuning menyerupai daun jeruk, hanya saja ukurannya lebih kecil. Panjang daun kemuning dapat mencapai 2 sampai 7 cm dengan lebar 1 sampai 3 cm. Batang kemuning memiliki ciri-ciri keras, beralur, dan tidak berduri. Bunga kemuning tersusun majemuk bertandan, ukurannya sekitar 12-18 mm. Bunga keluar dari bagian ujung ranting atau ketiak daun dengan warna putih susu dengan bagian tengah yang kekuningan. Buah kemuning berkembang dari bagian biji yang akan tumbuh mulai dari berwarna merah hingga oranye ketika sudah matang. Bentuknya menyerupai biji melinjo, yaitu bulat memanjang dengan panjang sekitar 8-12 mm, berkeping biji dua atau dikotil.

Daun kemuning yang masuk dalam keluarga Rutaceae alias jeruk-jerukan disukai oleh ulat dari keluarga papilio sebagai tanaman inang, termasuk ulat papilio demoleus alias kupu-kupu jeruk.

Manfaat Kemuning

1. Menyembuhkan keputihan
2. Menyembuhkan kencing nanah
3. Menyembuhkan sakit gigi
4. Menyembuhkan memar
5. Menyembuhkan gigitan serangga

Habitat

Tempat tumbuhnya dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Selain tumbuh liar di semak belukar, tumbuhan ini juga ditanam sebagai tanaman hias.

Syarat tumbuh

Tanaman kemuning tumbuh optimal di iklim tropis dengan ketinggian 0 sampai 400 meter di atas permukaan laut.

Fungsi

Nektar

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Kemuning

Kerajaan : Plantae
Divisi       :  Magnoliophyta
Kelas       :  Magnoliophyta
Ordo        : Sapindales
Famili       :  Rutaceae
Genus       :  Murayya
Spesies     : Murayya Paniculata  


Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover