-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Golden Penda (Xanthostemon chrysanthus)

Thursday, February 25, 2021

Nama Tanaman: Golden Penda

Nama Ilmiah: Xanthostemon chrysanthus





Deskripsi Xanthostemon chrysanthus

Xanthostemon, di sebut juga Golden Penda atau Penda Emas, adalah genus pohon dan semak, yang merupakan bagian dari keluarga tanaman Myrtaceae. Tanaman dengan nama ilmiah Xanthostemon chrysanthus ini benar benar menjadi idola hampir semua serangga yang berburu nektar bunga.
Xanthostemon chrysanthus tumbuh sebagai pohon menahun (Perennial) dengan tinggi 10–15 meter dan lebar 5–8 meter. Kulit kayunya kasar dan biasanya rimbun. Dsun berbentuk Lanset, Panjang daun 8 - 15 cm dan Lebar 2 - 5 cm. Tipe pembungaan letak bunga pada batang pada ujung batang (flors terminalis) dan pada ketiak daun (flos axilaris). Kepala bunga atau tandan, berbentuk terminal atau ketiak dan berukuran diameter hingga 15 cm. Tersusun dan terdiri dari banyak bunga emas individu kecil dengan diameter 1-2 cm. Tanaman xanthostemon memiliki banyak warna, paling umum berwarna kuning, namun ada juga yang memiliki bunga berwarna merah. 

Manfaat Xanthostemon chrysanthus

  1. Tanaman hias
  2. Tanaman pelindung
  3. Sumber nektar budidaya madu keleceng.

Habitat

Pohon Xanthostemon chrysanthus tumbuh secara alami di Kaledonia Baru, Australia, Kepulauan Solomon dan Malesia, termasuk Filipina, Nugini, dan Indonesia. 

Syarat tumbuh

Xanthostemon chrysanthus merupakan tanaman yang cukup kuat, mentolerir dan tahan di tanah kering, untuk kondisi panas lebih suka iklim hangat dalam posisi cerah dan kondisi lembab.

Fungsi

Nektar

Katagori

Perennial

Klasifikasi Ilmiah Salam

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Xanthostemon
Spesies : Xanthostemon chrysanthus

Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover