-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal daun kari alias Salam Koja (Murraya koenigii)

Monday, February 22, 2021

Nama Tanaman: Salam Koja
Nama Ilmiah: Murraya koenigii



Deskripsi Salam Koja

Salam koja (Murraya koenigii syn. Chalcas koenigi) atau temurui adalah tumbuhan yang daunnya (dinamakan sama) dipakai sebagai bumbu kari, sehingga dikenal sebagai daun kari. Daun ini dipakai sebagai bumbu di Aceh. Bentuk daun ini mirip dengan daun salam dengan ukuran yang lebih kecil dan bau yang lebih tajam. Bunga dari tumbuhan ini berbau harum dengan buah berbentuk bulir berwarna ungu. Salam koja berasal dari India dan Srilanka. Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tetapi biasanya terdapat pada kebun di bagian selatan India dan Malaysia.

Di Indonesia salam koja banyak terdapat di beberapa daerah di Sumatera seperti Aceh dan Medan. Di Indonesia Murraya koenigii (L.) Spreng dikenal sebagai Salam Koja, Daun Kari, Temuru. Salam koja (Jakarta), daun kari dan Temurui (Aceh), Tikusan (Jawa), Ki Becetah (Sunda), Sicerek (Minang Kabau).

Salam koja merupakan jenis perdu atau pohon kecil. Secara morfologi  salam koja memiliki tinggi maksimal mencapai + 4 – 6 meter (Gill dan Sharma, 2014) atau 0,8 – 4 meter (Anonim, 1995) dan diameter batang maksimal + 40 cm. Daunnya berbentuk menyirip seperti daun belimbing, hanya saja berukuran lebih kecil dan berwarna hijau tua mengkilap. Bunganya putih kecil, berkelompok dan memiliki aroma yang harum. Kulit batang berwarna hitam dan berbulu halus, buah berbentuk bulat dan berwarna hitam dengan lebar buah 8-12 mm. 

Daun salam koja yang masuk dalam keluarga Rutaceae alias jeruk-jerukan disukai oleh ulat dari keluarga papilio sebagai tanaman inang, termasuk ulat papilio demoleus alias kupu-kupu jeruk.

Manfaat Salam Koja

1. Menjaga Kesehatan rambut

2. Mencegah tumbuh uban 

3. Meningkatkan kesehatan mata 

4. Menurunkan berat badan 

5. Menyembuhkan masalah pencernaan

Habitat

Salam Koja merupakan tanaman asli Asia . Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tetapi biasanya terdapat pada kebun di bagian selatan India dan Malaysia. Tanaman cocok tumbuh di dataran rendah. Pohonnya kuat terhadap pergantian cuaca.

Syarat tumbuh

Bibit membutuhkan tempat yang hangat, minimal bersuhu 20 derajat Celsius untuk berkecambah. Tanaman daun kari membutuhkan tempat yang dipenuhi cahaya matahari dan kondisinya hangat. Selain itu, tanaman ini juga butuh tanah yang berdrainase baik. daun salam koja bukanlah tanaman yang sulit dirawat. Tanaman daun salam koja tidak membutuhkan banyak air saat masih bibit dan cenderung tahan terhadap tanah yang kering saat sudah dewasa.

Fungsi 

Inang

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Salam Koja

Kerajaan : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Sapindales

Famili : Rutaceae

Genus : Murraya

Spesies : Murraya Koenigii  



Author

Ahmad Yunus

Founder nusfeedsaranapangan.com, Writer, Traveler, books lover