https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman Melati Kampung (Jasminum sambac)

Sabtu, 20 Februari 2021

Nama Tanaman: Melati  Kampung
Nama Ilmiah: Jasminum sambac



Deskripsi Melati  Kampung

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun (perennial). Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae).  Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat. Melati kampung, tanaman dengan nama ilmiah Jasminum sambac yang merupakan tanaman hias bunga dengan aroma wangi yang sangat kuat.

Melati kampung atau melati putih adalah spesies melati yang berasal dari Asia selatan (di India, Myanmar dan Sri Lanka. Penyebaranya dimulai dari Hindustan ke Indocina, lalu Kepulauan Melayu. Bunga ini menjadi satu dari tiga bunga nasional Indonesia (sebagai "Puspa Bangsa"). Bunga ini juga menjadi bunga nasional Filipina.

Batang melati berbentuk bulat dan teksturnya berkayu, memiliki cabang-cabang dan berwarna cokelat. Akar melati merupakan akar tunggang. Daun melati putih termasuk jenis daun tunggal dengan tangkai daunnya pendek sekitar 5 mm dan letaknya berhadapan. Helai daun berbentuk bulat telur dan agak lonjong, bagian ujungnya meruncing dengan bagian pangkal agak bulat dan bagian tepi daun rata. Bunga melati berjenis majemuk dengan pertumbuhan bunga di bagian ketiak daun. Dalam satu pangkal bunga akan ditumbuhi 3 bunga sekaligus, sehingga akan terlihat padat. Bunga melati memiliki 2 benang sari dengan filamen yang sangat pendek. Kelopak bunga biasanya berjumlah 4 hingga 9 buah. Bunga ini juga memiliki 4 ovula dan 2 kantong sari atau lokulus. Pada umumnya ukuran bunga melati putih cukup kecil, yaitu sekitar 2,5 cm. Warnanya putih seperti lilin dengan tekstur kelopak seperti lembaran dengan bentuk mengerut seperti terompet.

Manfaat Melati  Kampung

1. Mencegah penuaan dini

2. Mengobati sengata lebah 

3. Mengobati sesak nafas

4. Mengobati demam dan sakit kepala

5. Mengobati sakit mata

6. Menurunkan berat badan

Habitat

Tanaman melati umumnya tumbuh di daerah yang beriklim tropis dengan ketinggian 10 hingga 1.600 mdpl. Daerah tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga melati dapat tumbuh dengan baik.

Syarat tumbuh

Syarat tumbuh tanaman melati adalah daerah dengan curah hujan 112–119 mm/bulan dengan 6–9 hari hujan/bulan, serta mempunyai iklim dengan 2–3 bulan kering dan 5–6 bulan basah. Suhu udara siang hari 28-36 derajat C dan suhu udara malam hari 24-30 derajat C, Kelembaban udara (RH) yang cocok untuk budidaya tanaman ini 50-80 %.

Selain itu pengembangan budi daya melati paling cocok di daerah yang cukup mendapat sinar matahari. 

Fungsi

Nektar    

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Melati  Kampung

Kerajaan : Plantae

Divisi : Magnoliophta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Lamiales

Famili : Oleaceae

Genus : jasminum 

Spesies : Jasminum Sambac 



Author

Admin NUS