https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Melati Belanda (Combretum indicum)

Senin, 15 Februari 2021

Nama Tanaman: Melati Belanda 

Nama Ilmiah: Combretum indicum



Deskripsi Melati Belanda

Tanaman Hias yang memiliki nama latin combretum indicum ini merupakan tanaman yang dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Asia sehingga memiliki banyak sebutan atau nama seperti ceguk wundani (jawa), honeysuckle atau Rangoon creeper (Cina), Quiscual (Spanyol) dan disebut bunga melati Belanda di Indonesia.

Melati Belanda meruapkan tanaman perdu menahun (perennial) dengan akar yang merambat atau memanjang dengan panjang dari 2-8 m yang berasal dari Myanmar. Tanaman Melati Belanda adalah tanaman merambat lignin yang bisa mencapai dari 2,5 meter hingga 8 meter. Daunnya elips dengan ujung lancip dan pangkal membulat. Mereka tumbuh dari 7 hingga 15 sentimeter dan pengaturannya berlawanan. Bunganya harum dan berbentuk tabung dan warnanya bervariasi dari putih hingga merah muda hingga merah. Buah dengan panjang 30 sampai 35 mm berbentuk ellipsoidal dan memiliki lima sayap yang menonjol

Manfaat Melati Belanda

1. Mencegah Kanker

2. Mencegah produksi insulin

3. Mengurangi kolestrol

4. Mengatasi diare

5. Mengtasi nefritis

6. Mengurangi nyeri demam

Habitat Melati Belanda

Habitat asli tanaman Melati Belanda ini terletak pada daerah beriklim tropis sehingga sangat cocok ditanam di Indonesia. 

Syarat tumbuh Melati Belanda

Tanaman Melati Belanda menyukai tempat yang cerah dan lembab. Tanaman Melati Belanda dapat mentolerir kebanyakan tempat walau tidak lembab, namun akan tumbuh lebih subur di bawah sinar matahari. Tanaman melati tumbuh di daerah yang beriklim tropis dengan ketinggian 600 mbpl.

Fungsi

Nektar 

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Melati Belanda

Kerajaan : Plantae

Divisi :  tracheophyta

Kelas :  angiosprems

Ordo : myrtales

Famili :  combretaceae

Genus :  combretum

Spesies : combretum indicum



Author

Admin NUS