https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Lengkeng (Dimocarpus longan Lour.)

Sabtu, 20 Februari 2021

Nama Tanaman: Lengkeng 
Nama Ilmiah: Dimocarpus longan Lour



Deskripsi Lengkeng

Lengkeng (Dimocarpus longan Lour.) merupakan tanaman subtropis yang sudah dikenal 2000 tahun yang lalu, berasal dari daerah Cina Selatan. Manfaatannya lebih kepada khasiatnya sebagai obat baik kandungan dalam buah maupun dari biji yang sudah dilakukan ekstraksi, bukan sebagai buah untuk dikonsumsi saja. Tanaman ini telah menyebar ke Indochina (Thailand, Taiwan, Laos, Vietnam, Cambodia), Malaysia, India dan khususnya di Indonesia. Tanaman ini mampu tumbuh dan berpoduksi dengan baik di daerah tropis Indonesia.

Secara morfologi Lengkeng merupakan tanaman keras mempunyai batang dan kayu yang kuat, sistem perakaran sangat luas dan mempunyai akar tunggang yang sangat dalam (terutama tanaman kelengkeng yang berasal dari biji). Daun kelengkeng termasuk daun majemuk tiap tangkai memiliki tiga sampai enam pasang helai daun. Bentuknya bulat panjang, ujungnya agak runcing tidak berbulu, tepinya rata dan permukaan nya mempunyai lapisan lilin. Kuncup daunnya berwarna kuning kehijauan, tetapi ada pula yang berwarna merah. Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4–80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu, mahkota bunga lima helai dengan  panjang hingga 6 mm. Buah lengkeng berbentuk bulat sampai lonjong terdapat kulit buah yang bewarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi coklat saat sudah matang. Benih kelengkeng berbentuk bulat mengkilap dan berwarna hitam, terbungkus oleh daging buah yang transparan.

Manfaat Lengkeng

  1. Lengkeng membantu meningkatkan kerja sistem kardiovaskular pada jantung.
  2. Lengkeng kaya akan kandungan Kalium, zat yang mampu menjaga tekanan darah pada tubuh.
  3. Konsumsi lengkeng juga dapat membantu atasi anemia, karena lengkeng mengandu ng zat besi yang mudah terserap tubuh.
  4. Lengkeng mangandung Asam Fenolik, zat asam yang juga bekerja sebagai antioksidan bagi tubuh.
  5. Lengkeng juga membantu menghambat proses penuaan dan meningkatkan kekenyalan kulit, terutama pada daerah sekitar mata.

Habitat

Hampir semua tempat di Indonesia cocok untuk ditanami lengkeng, baik daerah dataran tinggi yang memang habitat asli kelengkeng, maupun dataran rendah.

Syarat Iklim

Lengkeng menghendaki tanah yang gembur, dengan lapisan tanah yang tebal dan dapat mengikat air dengan baik. Jenis tanah yang dapat yang sesuai untuk pertumbuhan lengkeng antara lain jenis andosol, vertisol, latosol, atau tanah laterit. Tanaman lengkeng menghendaki pH sekitar 5,5-6,5. Curah hujan yang dikehendaki 2500-3000 mm per tahun dengan penyebaran merata sepanjang tahun. Selain itu tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh. Suhu optimum untuk pertumbuhan lengkeng berkisar 20-33oC dengan kelembaban udara relatif 65-90%.

Fungsi

Pendukung  

Katagori

Paraneal

Klasifikasi Ilmiah Lengkeng

Kerajaan : Plantae

Divisi :  Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Sapindales

Famili: Sapindaceae

Genus: Dimocarpus

Spesies: Dimocarpus longan Lour



Author

Admin NUS