https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)

Rabu, 10 Februari 2021

Nama Tanaman: Kumis Kucing

Nama Ilmiah: Orthosiphon aristatus



Deskripsi Kumis Kucing


Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia. 
Kumis kucing termasuk terna tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 meter. Batang bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul. Helai daun berbentuk bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya, ukuran daun panjang 1 – 10 cm dan lebarnya 7.5mm – 1.5 cm. urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 – 29 cm. Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7–29 cm, dengan ukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih, panjang tabung 10 – 18mm, panjang bibir 4.5 – 10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 – 2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm.

Manfaat Kumis Kucing

  1. Pencegah Darah Tinggi
  2. Obat Ginjal
  3. Mengoati Rematik
  4. Mencegah Infeksi Saluran Kencing
  5. Atasi Keputihan
  6. Meringankan Bantuk
  7. Detoks Tubuh

Habitat Kumis Kucing

Kumis kucing dikenal dengan berbagai istilah, seperti kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.

Syarat tumbuh

Tanaman ini dapat hidup dengan mudah tumbuh di lahan pertanian, untuk produksi sebaiknya dipilih tanah yang gembur, subur, banyak mengandung humas, bahan organic dengan tata air udara yang baik. Curah hujan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman ini adalah lebih dari 3000 mm/tahun . dengan sinar matahari penuh tanpa ternaungi, keadaan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah panas sampai sedang. Tanaman ini juga bisa hidup di dataran tinggi maupun rendah.

Fungsi

Tanaman Nektar

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Kumis Kucing

Kerajaan : Plantae
Divisi :  Spermatophyta          
Kelas :  Dicotyledon
Ordo : Lamiales        
Famili :  Lamiaceae
Genus :  Othosiphon
Spesies : Othosiphon Aristatus

 

Author

Admin NUS