https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kenikir Sayur (Cosmos caudatus)

Rabu, 24 Februari 2021

Nama Tanaman: Kenikir Sayur
Nama Ilmiah: Cosmos caudatus



Deskripsi Kenikir sayur

Kenikir (Cosmos) adalah tumbuhan tropis anggota suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di egara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh penjelajah Spanyol di abad ke-16. Tumbuhan dengan bunga berwarna ungu ini dijadikan sebagai sayuran lalap yang populer di Indonesia. Di Malaysia daun mudanya dimakan mentah bersama nasi, atau dicacah dan dicampur dengan budu, sambal terasi, tempoyak, serta cincalok. Spesies ini disebut kinte manis di sunda, sedangkan di Malaysia disebut ulam raja yang berarti salad raja.
Kenikir (Cosmos caudatus) merupakan Perdu dengan tinggi 75-100 cm dan berbau khas. Batang tegak berbentuk segi empat, beralur membujur, bercabang banyak, beruas berwarna hijau keunguan. Daunnya adalah majemuk, bersilang berhadapan dan berbagi menyirip dengan ujung runcing dan tepinya rata, panjang daun sekitar 15-25 cm dengan berwarna hijau. Bunga majemuk berbentuk bongkol yang muncul di ujung batang, mahkota bunga terdiri dari 8 daun mahkota dengan panjang ± 1 cm berwarna merah, benang sari berbentuk tabung dengan kepala sari berwarna coklat kehitaman. Buahnya keras berbentuk jarum, saat masih muda berwarna hijau setelah tua coklat. Bijinya  keras berukuran kecil  berbentuk jarum dengan panjang ± 1 cm, berwarna hitam. Akar kenikir berbentuk tunggang dan berwarna putih.

Manfaat Kenikir sayur

1. Mencegah dan membantu mengobati diabetes
2. Menurunkan tekanan darah
3. Mengobati sariawan 
4. Mencegah osteoporosis
5. Mencegah pertumbuhan sel kanker
6. Kaya Antioksidan
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
8. Mengatasi masalah lambung
9. Menghilangkan bau mulut

Habitat

Kenikir tersebar di Amerika Tengah yang suhunya panas. Di Indonesia, kenikir banyak ditanam di Jawa dan dataran rendah hingga pegunungan sampai ketinggian 1200 mdpl. Biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.

Syarat Iklim

Tumbuhan kenikir menyukai iklim panas yang tak begitu lembap, tanah yang berpasir dan subur, tanah terbuka dan penyinaran matahari yang penuh. 

Fungsi

Nektar

Katagori

Annual

Klasifikasi Ilmiah Kenikir sayur

Kerajaan : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Genus : Cosmos
Spesies : Cosmos caudatus


Author

Admin NUS