https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kembang Sepatu (Hibuscus spp)

Sabtu, 20 Februari 2021

Nama Tanaman: Kembang Sepatu
Nama Ilmiah: Hibuscus spp



Deskripsi Kembang Sepatu

Kembang Sepatu adalah salah satu jenis bunga yang mudah kita temui di taman. Kembang sepatu memiliki nama sinonim tergantung daerahnya karena tiap daerah memiliki sebutan masing-masing, cntohnya Bungong roja (Aceh), Kembang wera (Sunda), wora-wari (Jawa), Kembang sepatu (Jawa Tengah), Bunga Rebong (Madura) .
Tanaman Kembang Sepatu dengan nama latin Hibiscus rosa sebenarnya adalah jenis tumbuhan semak. Flora ini berasal dari kawasan Asia Timur, kemudian tersebar dan tumbuh di daerah iklim tropis dan sub tropis. Daya tarik dan keunikan dari kembang sepatu adalah ukuran kelopak bunganya yang besar dengan warna sangat cerah. Beberapa warna kembang sepatu antara lain merah tua, putih, kuning, oranye, dan merah muda.
Secara morfologi, tanaman kembang sepatu termasuk tanaman Perdu menahun yang tumbuh tegak mencapai tinggi ± 3 m. Batang kembang speatu berbntuk Bulat, berkayu, dan keras dengan diameter batang ± 9 cm, saat masih batang berwarna muda ungu dan setelah tua berubah menjadi putih kotor.
Daun kembang sepatu berjenis Tunggal, tepi daun beringgit,  ujung daun runcing, pangkal daun tumpul dengan  daun panjang 10-16 cm dan lebar daun 5-11 cm, warna daun hijau muda dan hijau tua. Bunga kembang sepatu berjenis Tunggal berbentuk terompet, bunga muncul di ketiak daun, kelopak bunga berbentuk lonceng, mahkota terdiri dari lima belas sampai dua puluh daun mahkota, bunga berwarna merah muda, memiliki benang sari banyak dengan  tangkai sari merah dan kepala sari kuning, putik berbentuk tabung dengan warna merah. Buah kembang sepatu berukuran Kecil dengan bentuk lonjong, diameter biji ± 4 mm, warna biji saat masih muda berwana putih dan setelah tua berunah menjadi coklat. Biji kembang sepatu berbentuk Pipih dan berwarna putih. Akar kembang sepatu berjenis Tunggang dengan warna coklat muda.

Manfaat Kembang Sepatu

1. Mengembuhkan sakit kepala
2. Mengatasi peyakit gondokan
3. Mengatasi demam dan panas tinggi 
4. Mengusir racun
5. Mengatasi batuk dan sariawan 
6. Membuat kulit lebih sehat dan cantik

Habitat

Tanaman bunga kembang sepatu banyak ditemui di dataran rendah maupun dataran tinggi.  Kembang sepatu merupakan tanaman yang memiliki daya adaptasi luas terhadap lingkungan tumbuh baik di daerah subtropis maupun tropis

Syarat Iklim

Media tanam bunga harus ditentukan dan sesuai dengan karakteristik tumbuh bunga sepatu. Bunga ini sangat baik tumbuh di habitat dengan pancar sinar matahari sedang. Kita dapat menanam bunga sepatu di kebun dengan penyinaran matahari sekitar 4 hingga 6 jam per hari dan menerima pantulan sinar matahari di waktu sisanya. Selain ditanam di lahan terbuka, kita juga menanam bunga ini di dalam pot. Kita dapat menyesuaikan komposisi media tanam dengan campuran pupuk organik. pH tanah untuk menanam sebaiknya berkisar 6,5 karena bunga ini menyukai tanah yang agak asam.

Fungsi

Nektar 

Katagori

Paraneal 

Klasifikasi Ilmiah Kembang Sepatu

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoiophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Malvales
Famili : Malvaceae
Genus : Hibiscus
Spesies : Hibiscus rosa sinensis


Author

Admin NUS