https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Mengenal tanaman hias Kaliandra (Calliandra calothyrsus)

Kamis, 18 Februari 2021

Nama Tanaman: Kaliandra
Nama Ilmiah: Calliandra calothyrsus

Deskripsi Kaliandra

Tanaman Kaliandra bukan tanaman asli dari Indonesia melainkan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan khususnya Meksiko, Suriname dan hampir seluruh kepulauan Karibia. Tanaman kaliandra tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai tinggi 2.5 - 3.5 m pada umur 6 bulan, dan tinggi 3-5 m pada tahun pertama pada lahan yang memadai. Dengan kemampuan tersebut, jenis ini banyak ditanam di negara-negara tropis lainnya dan di Asia Tenggara.

Secara morfologi tanaman Kaliandra adalah pohon kecil bercabang yang tumbuh mencapai tinggi maksimum 12 m dan diameter batang maksimum 20 cm. Kulit batangnya berwarna merah atau abu-abu yang tertutup oleh lentisel kecil, pucat berbentuk oval. Ke arah pucuk batang cenderung bergerigi, dan pada pohon yang batangnya coklat-kemerahan, ujung batangnya bisa berulas merah. Di bawah batang, sistem akarnya terdiri dari beberapa akar tunjang dengan akar yang lebih halus yang jumlahnya sangat banyak dan memanjang sampai ke luar permukaan tanah. Daun kaliandra berbentuk kecil-kecil, bertekstur lebih lunak berwarna hijau tua dengan panjang daun bisa mencapai 20 cm dan lebarnya mencapai 15 cm. Bunga mekar hanya satu malam saja dengan benang-benang umumnya berwarna putih di pangkalnya dan merah mencolok di bagian ujungnya. Secara alami tanaman kaliandra berbunga sepanjang tahun, tetapi masa puncaknya terjadi antara bulan Juli dan Maret. Polong akan terbentuk selama dua hingga empat bulan, dan ketika sudah matang panjangnya dapat mencapai 14 cm dengan lebar 2 cm. Polong berbentuk lurus berwarna agak kecoklatan, biasanya berisi 8-12 bakal biji yang berkembang menjadi biji berbentuk oval dan pipih.

Manfaat Kaliandra

1. Obat untuk leukemia

2. Obat batu ginjal 

3. Obat hioertensi

4. Obat hepatitis

5. Obat pendarahan akibat penurunan trombocyt

6. Obat kencing manis 

7. Daun dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak

Habitat

Tanaman Kaliandra tumbuh alami di sepanjang bantaran sungai, tetapi dengan cepat akan menempati areal yang vegetasinya terganggu misalnya, tepi-tepi jalan.

Syarat tumbuh

Kaliandra terutama terdapat di daerah yang curah hujannya berkisar antara 1000- 4000 mm, meskipun populasi tertentu terdapat di daerah yang curah hujan tahunannya rendah hanya 800 mm. Jenis Kaliandra terutama terdapat di daerah yang musim kemaraunya berlangsung selama 2-4 bulan (dengan curah hujan kurang dari 50 mm per bulan), namun pernah ada juga spesimen yang ditemukan di daerah yang musim kemaraunya mencapai 6 bulan. Kaliandra tumbuh di daerah dengan suhu minimum tahunan 18-22° C dan tidak tahan terhadap pembekuan. Di tempat tumbuh aslinya, jenis Kaliandra hidup pada berbagai tipe tanah dan tampaknya tahan terhadap tanah yang agak masam dengan ph sekitar 4,5, namun tidak tahan terhadap tanah yang drainasenya buruk dan yang tergenang secara teratur.

Fungsi

Nektar  

Katagori

perennial

Klasifikasi Ilmiah Kaliandra

Kerajaan : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Fabales

Famili : Fabaceae/Leguminosae

Genus : Calliandra

Spesies : Calliandra calothyrsus Meissn.


Author

Admin NUS