https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kacapiring (Gardenia jasminoides)

Sabtu, 20 Februari 2021

Nama Tanaman: Kacapiring  
Nama Ilmiah: Gardenia jasminoides



Deskripsi Kacapiring

Kacapiring (Gardenia jasminoides) adalah perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Bunganya berwarna putih dan sangat harum, dikenal juga dengan nama Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati). Kacapiring mudah tumbuh di sembarang tempat, baik di daerah dingin maupun panas. 
Secara morfologi, Tanaman kacapiring termasuk ke dalam perdu tegak yang tingginya sekitar 1-2 meter. Ia mempunyai batang bulat berkayu yang bercabang banyak. Daunnya berwarna hijau tua, tebal, licin seperti kulit serta permukaan atasnya mengkilap karena terdapat lapisan lilin di permukaannya. Daun letaknya berhadapan (berkarang tiga), bagian tepinya rata, berbentuk elips atau oval dengan ujung dan pangkal yang meruncing. Ukuran daunnya tidak begitu besar, panjangnya sekitar 4,5 – 13 cm dan lebar 2,5 cm. Bunganya merupakan bunga tunggal berukuran besar, indah mirip dengan bunga mawar putih yang menebarkan harum yang khas.

Manfaat Kacapiring

  1. Demam tinggi dan penyakit yang berkaitan dengannya.
  2. Mudah tersinggung, karena buah kacapiring memiliki efek menenangkan emosi (sedatif).
  3. Karena efek sedatif ini pula lah, buah kacapiring dapat juga digunakan sebagai obat tidur untuk penderita insomnia.
  4. Mengobati radang hati (hepatitis), sakit kuning (jaundice) dan penyakit yang berhubungan dengan organ hati lainnya.
  5. Melancarkan buang air kecil, sehingga dapat mengobati penyakit oliguria dan disuria. Ia juga terbukti dapat mengobati peradangan pada selaput kantung kencing (cystitis) dan kencing darah (hematuria).
  6. Meningkatkan nafsu makan.
  7. Mengobati peradangan pada payudara wanita (mastitis).
  8. Mengobati pendarahan yang diakibatkan oleh muntah darah (hematemesis), berak darah, batuk darah (hemoptisis) dan juga mimisan (epistaksis).
  9. Mengobati sakit tenggorokan, sakit gigi dan sariawan.
  10. Mampu membuang racun yang ada di dalam darah, sehingga dapat digunakan sebagai pengobatan awal ketika terkena gigitan ular.
  11. Buah kacapiring juga terbukti bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi).
  12. Mengurangi pembekakan dan nyeri pada mata.

Habitat

Kacapiring berasal dari Cina dan Jepang. Kacapiring biasa ditemukan sebagai tanaman hias di pekarangan pada daerah dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Kacapiring dapat berbuah pada ketinggian sekitar 3000 kaki di atas permukaan laut.

Syarat Iklim

Tanaman Kacapiring dapat hidup di daerah beriklim panas atau hangat, tropis maupun subtropics dengan suhu 30-35 C. Kebutuhan sinar matahari  tanaman Kacapiring adalah full sun (penyinaran sepanjang hari).

Fungsi

Nektar    

Katagori

Paraneal 

Klasifikasi Ilmiah Kacapiring

Kerajaan : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Kelas : Angiosperms
Ordo : Gentianales
Famili : Rebiaceae
Genus : Gardenia
Spesies : Gardenia  Jasminoides   


Author

Admin NUS