https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Handeuleum Nama Graptophyllum pictum

Rabu, 17 Februari 2021

Nama Tanaman: Handeuleum

Nama Ilmiah: Graptophyllum pictum



Deskripsi Handeuleum

Handeleum atau daun ungu merupakan tanaman herbal dengan nama ilmiah Graptophyllum pictum. Spesies ini aslinya berasal dari Papua Nugini dan Polinesia. Kemudian, diperkenalkan ke Indochina, Semenanjung Malaya, Filipina, dan Indonesia. Di Jawa, daun ungu tumbuh sampai pada 1250 mdpl. Tumbuhan ini dibudidayakan sebagai tumbuhan pagar dan tumbuhan hias, yaitu yang bervarietas daun yang berwarna merah.
Di masing-masing daerah, tanaman daun ungu ini mempunyai nama yang berbeda-beda. Misalnya saja di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah tanaman ini dikenal dengan nama wungu, tulak, atau demung. Di daerah lain seperti di daerah Sunda tanaman ini disebut handeuleum, di Madura tanaman ini dikenal dengan nama karotong, Di Bali disebut temen, di Ambon dikenal dengan nama daun putri atau dongoro, sedangkan di daerah Ternate tanaman ini dikenal dengan nama kobi-kobi.
Handeleum adalah tumbuhan perdu yang tegak. Tingginya adalah 1,5-8 m. Batangnya termasuk batang berkayu, beruas, permukaannya licin dengan warna ungu kehijauan. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat, pertulangannya menyirip, permukaan atasnya mengkilap, dan tepinya rata. Bunganya majemuk, keluar di ujung batang, dengan rangkaian tandan yang berwaran keunguan dengan panjang 3-12 cm. Buahnya berbentuk kotak yang lonjong, berwarna ungu kecoklatan. Bijinya bulat dan putih dan berkulit tebal. Akarnya berjenis tunggal dan berwarna coklat muda.
Daun Handeleum disukai oleh ulat Doleschallia Bisaltide. Sehingga tanaman ini menjadi tanaman inang untuk ulat tersebut.

Manfaat Handeuleum

1. Mengatasi Wasir (Ambeien)
2. Menghambat pertumbuhan plak gigi
3. Anti diabetes
4. Kontrasepsi alami pada wanita
5. Menurunkan kadar kolesterol
6. Menghambat pembentukan sperma 

Habitat

Untuk habitatnya, biasanya daun ungu tumbuh di tempat yang banyak disinari matahari. Selain itu pula, ia tumbuh di tempat yang lembap, dan hangat.

Syarat Iklim

Tanaman ini mudah beradaptasi di iklim tropis, dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut (dpl). 

Fungsi

Inang

Katagori

Paraneal 

Klasifikasi Ilmiah Handeuleum

Kerajaan : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Kelas : Lamiids
Ordo : Lamiales
Famili : Acanthaceae
Genus : Graptophyllum 
Spesies : Graptophyllum pictum 0


Author

Admin NUS